Pesan Menggelitik nan Keras di Tembok Tempat Latihan Garuda Select

Kompas.com - 29/05/2019, 16:49 WIB
Skuad Garuda Select menjalani latihan di Aston Recreation Centre Birmingham jelang laga melawan Chelsea U-16 pada Sabtu (11/5/2019). KOMPAS.com/Eris Eka JayaSkuad Garuda Select menjalani latihan di Aston Recreation Centre Birmingham jelang laga melawan Chelsea U-16 pada Sabtu (11/5/2019).

KOMPAS.com - Waktu menunjukkan pukul 08.30 waktu Birmingham, Inggris, saat saya menjejakkan kaki di Aston Recreation Centre, Birmingham, Minggu (5/5/2019). Ini kali pertama saya mendatangi tempat latihan rutin skuad Garuda Select meskipun saya sudah berada di wilayah tersebut sejak 1 Mei.

Perjalanan ke tempat latihan itu hanya memakan waktu sekitar 20 menit dari flat (penginapan) anak-anak Garuda Select di kawasan Aston University, Birmingham. Pagi itu saya punya kesempatan ke sana karena ikut para pemain yang memang punya agenda rutin latihan di lapangan tersebut.

Suhu udara saat itu 7 derajat celcius. Sudah bisa dipastikan, saya menggigil kedinginan meski sudah mengenakan jaket dan kaus kaki. Maklum, baru empat hari di sana sehingga belum mengalami aklimatisasi secara maksimal. Berbeda dengan para pemain yang tampak biasa-biasa saja karena sudah hampir lima bulan melakukan penyesuaian kondisi.

Baca Juga: Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Para Pemain Garuda Select

Tak ada yang menarik dari facade bangunan yang tampak seperti rumah pada umumnya. Meskipun demikian, interiornya cukup detail untuk sebuah fasilitas latihan sepak bola karena ada tempat pertemuan, kamar kecil dan empat ruang ganti yang dibagi menjadi beberapa sekat, dilengkapi beberapa peralatan ringan untuk relaksasi.

Saat membuka pintu belakang, saya sangat terkejut melihat pemandangannya karena tampak enam lapangan yang sangat terawat. Nyaris tak ada rumput yang tinggi, bahkan hingga pagar pembatas komplek latihan tersebut yang terhampar bak savana. Tak mengherankan karena semua pekerjaan menggunakan mesin.

Pemain Garuda Select, Liba Valentino, sedang membersihkan sepatu sebelum kembali ke ruang ganti di tempat latihan tim di Aston Recreation Centre, Birmingham, Inggris.ALOYSIUS GONSAGA ANGI EBO/KOMPAS.com Pemain Garuda Select, Liba Valentino, sedang membersihkan sepatu sebelum kembali ke ruang ganti di tempat latihan tim di Aston Recreation Centre, Birmingham, Inggris.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bukan cuma saya dan dua rekan wartawan yang heran bercampur kagum melihat apa yang ada di depan mata. Pelatih timnas U-18 Indonesia, Fakhri Husaini, juga nyaris tak percaya dengan semua fakta tersebut.

"Luar biasa. Sebuah universitas punya fasilitas yang memadai, apalagi klub," ujar Fakhri, yang kala itu datang ke Inggris untuk melihat perkembangan tim yang didominasi mantan anak asuhnya saat meraih gelar Piala AFF U-16 2018.

Fakhri pun berharap suatu saat Indonesia punya fasilitas yang memadai demi mewujudkan target timnas bisa menembus ajang bergengsi level internasional.

"Negara dengan fasilitas begini pun belum tentu bisa juara Piala Dunia. Bagaimana dengan kita (Indonesia) yang bermimpi bisa tampil di Piala Dunia?" tambah Fakhri, yang terus mengambil video lapangan di kawasan tersebut.

Memang, Aston Recreation Centre merupakan arena latihan tim sepak bola kampus (Aston University). Meskipun demikian, fasilitasnya sudah jauh melebihi standar jika dibandingkan dengan apa yang ada di Tanah Air. Bahkan, hampir semua klub di Indonesia tidak memiliki lapangan khusus untuk latihan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.