Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PSSI Segera Tentukan 8 Stadion untuk Piala Dunia U-20 2021

Kompas.com - 27/05/2019, 22:00 WIB
Nugyasa Laksamana,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PSSI secara resmi menyatakan ketertarikan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 ke FIFA. Pernyataan tersebut dikirim PSSI pada batas tenggat waktu yang telah ditentukan FIFA, yaitu Selasa, 21 Mei 2019.

"Dengan pengalaman penyelenggaraan event internasional Asian Games, Piala Asia, dan Piala AFF, ditambah dengan animo masyarakat yang mendukung dan turut menyukseskan ajang tersebut, PSSI memiliki keyakinan Indonesia bisa melangkah ke level selanjutnya," kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, yang dikutip dari situs resmi PSSI.

Baca juga: Komentar Matthijs De Ligt soal Pindah ke Man United atau Barcelona

Menurut Tisha, akan ada delapan stadion yang disiapkan PSSI untuk melengkapi dokumen ke FIFA.

"Kami akan segera putuskan delapan stadion terbaik. Bukan hanya standarnya yang internasional, tetapi juga memiliki pengalaman event internasional dan memiliki fasilitas penunjang di sekitarnya,” ungkap Tisha.

PSSI memiliki banyak opsi stadion internasional, di antaranya Stadion Utama Gelora Bung Karno, Stadion Patriot Candrabhaga, Stadion Pakansari, Stadion Wibawa Mukti, Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Stadion Si Jalak Harupat, Stadion Jatidiri, Stadion Manahan, Stadion Mandala Krida, Stadion Gelora Bumi Sriwijaya, Stadion Papua Bangkit, Stadion Batakan dan stadion-stadion yang bisa memenuhi kriteria lainnya.

Sesuai dengan Overview of the Bidding Process yang telah disampaikan April lalu, FIFA akan mengirimkan semua dokumen penawaran dan hosting ke semua federasi yang telah menyatakan minatnya.

Batas waktu pengajuan kelengkapan dokumen selanjutnya adalah 30 Agustus 2019. Sementara itu FIFA akan mengumumkan hasilnya pada kuartal keempat 2019.

Baca juga: Shi Yuqi Paham Kento Momota Lelah Setelah Lawan Anthony Ginting pada Semifinal Piala Sudirman 2019

PSSI akan bersaing dengan lima proposal lain yang berasal dari Bahrain, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, kemudian terdapat Myanmar dan Thailand yang bersama-sama mengajukan diri jadi tuan rumah.

Selain proposal dari negara-negara Asia, Peru dan Brasil juga mengajukan diri menjadi tuan rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com