Kompas.com - 20/05/2019, 05:30 WIB
Lionel Messi merayakan golnya pada laga Eibar vs Barcelona di Stadion Ipurua dalam pertandingan Liga Spanyol, 19 Mei 2019. AFPLionel Messi merayakan golnya pada laga Eibar vs Barcelona di Stadion Ipurua dalam pertandingan Liga Spanyol, 19 Mei 2019.

KOMPAS.com - Lionel Messi menjadi pemuncak daftar top skor Liga Spanyol setelah menjadi pemain yang paling produktif mencetak gol di Divisi Primera musim 2018-2019. 

Megabintang Barcelona itu memuncaki daftar top skor Liga Spanyol dengan koleksi 36 gol. Dua gol terakhirnya dicetak pada laga Eibar vs Barcelona, Minggu (19/5/2019). 

Laga tersebut berakhir imbang 2-2. Namun, rekor baru diciptakan Lionel Messi berkaitan dengan statusnya sebagai pencetak gol terbanyak. 

Baca juga: Eibar Vs Barcelona Imbang, Messi Puncaki Daftar Top Skor Liga Spanyol

Trofi El Pichichi sebagai simbol pemain tersubur di La Liga Spanyol pun didapat Messi untuk keenam kalinya. 

Jumlah itu membuat Messi sejajar dengan legenda Athletic Bilbao, Telmo Zarra. 

Selain itu, Messi juga mempertajam rekor selisih gol antara peringkat pertama dan kedua pada daftar top skor Liga Spanyol.

Dengan torehan 36 gol, Messi unggul 15 gol atas peringkat kedua pencetak gol terbanyak La Liga, Karim Benzema (Real Madrid), dan rekan setimnya, Luis Suarez, yang masing-masing mengemas 21 gol.

Baca juga: Ke Olimpiade 2020, Lalu Muhammad Zohri Terus Melaju

Selisih 15 gol itu merupakan rekor terjauh antara peraih Trofi El Pichichi dengan pemain di bawahnya.

Sebelumnya, rekor terjauh terjadi pada 1986-1987, 14 gol. Ketika itu, Hugo Sanchez (Real Madrid) mengemas 34 gol berbanding 20 gol milik Gary Lineker (Barcelona).

Baca juga: Mendengarkan Danurwindo, dari Birmingham-London Kembali ke Birmingham

Daftar top skor Liga Spanyol:

36 gol - Lionel Messi (Barcelona)
21 gol - Karim Benzema (Real Madrid), Luis Suarez (Barcelona)
20 gol - Iago Aspas (Celta Vigo)
19 gol - Cristhian Stuani (Girona)
18 gol - Wissam Ben Yedder (Sevilla)
17 gol - Borja Iglesia (Espanyol)
15 gol - Antoine Griezmann (Atletico Madrid)



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X