8 Fakta Menarik Usai Kemenangan Man City pada Final Piala FA

Kompas.com - 19/05/2019, 06:30 WIB
Para pemain Manchester City merayakan keberhasilan mereka meraih Piala FA usai mengalahkan Watford pada laga final yang berlangsung di Stadion Wembley, London, Sabtu (18/5/2019). AFP/DANIEL LEAL-OLIVASPara pemain Manchester City merayakan keberhasilan mereka meraih Piala FA usai mengalahkan Watford pada laga final yang berlangsung di Stadion Wembley, London, Sabtu (18/5/2019).

KOMPAS.com - Manchester City berhasil memastikan gelar juara Piala FA setelah melibas Watford pada laga final yang berlangsung di Stadion Wembley, London, Inggris, Sabtu (18/5/2019).

Pada pertandingan yang dihadiri sekitar 85.000 penonton itu, Man City sukses meraih kemenangan telak 6-0.

Baca juga: Cristiano Ronaldo Jadi Pemain Terbaik Liga Italia

Raheem Sterling menjadi aktor utama keberingasan Man City berkat hat-trick atau tiga gol yang ia torehkan. Adapun tiga gol lainnya dilesakkan David Silva, Kevin de Bruyne, dan Gabriel Jesus.

Keberhasilan ini tak sekadar menghasilkan gelar juara Piala FA bagi Man City, tetapi juga menelurkan sejumlah fakta dan statistik menarik.

Berikut ini 8 fakta yang dirangkum Kompas.com dari berbagai sumber seusai laga final Piala FA antara Man City dan Watford:

1. Man City menjadi klub putra Inggris pertama yang mampu meraih tiga gelar juara sekaligus (treble winner) di kancah domestik. Sepanjang musim 2018-2019, mereka sukses menjuarai Piala Liga Inggris (League Cup), Liga Inggris (Premier League), dan Piala FA.

2. Man City menjadi klub kasta teratas Inggris pertama yang mampu menorehkan 50 kemenangan pada berbagai kompetisi dalam rentang satu musim.

3. Watford sudah menelan 11 kekalahan dari Man City pada berbagai kompetisi, dengan kebobolan 38 gol.

4. Man City menjadi tim keempat yang memenangi dua ajang domestik (Piala FA dan Piala Liga Inggris/League Cup) dalam semusim setelah Arsenal (1992-1993), Liverpool (2000-2001), dan Chelsea (2006-2007).

5. Man City asuhan Pep Guardiola menjadi tim ketiga yang mampu mencetak 6 gol pada laga final Piala FA setelah Blackburn (menang 6-1 atas Sheffield Wednesday pada 1890) dan Bury (menang 6-0 atas Derby pada 1903).

Manajer Manchester City, Pep Guardiola, mengangkat Piala FA usai laga final Man City Vs Watford di Stadion Wembley, London, Inggris, Sabtu (18/5/2019).AFP/DANIEL LEAL-OLIVAS Manajer Manchester City, Pep Guardiola, mengangkat Piala FA usai laga final Man City Vs Watford di Stadion Wembley, London, Inggris, Sabtu (18/5/2019).

6. Man City sanggup mencetak 26 gol pada Piala FA musim 2018-2019, atau yang terbanyak setelah Charlton (29 gol) dan Derby (37 gol) pada musim 1945-1946.

7. Pep Guardiola menjadi pelatih kedelapan yang sudah mencicipi juara Liga Inggris, Piala Liga Inggris, dan Piala FA setelah Bill Nicholson, Don Revie, Joe Mercer, Kenny Dalglish, George Graham, Sir Alex Ferguson, dan Jose Mourinho.

8. David Silva menjadi pemain kedua Man City yang mencetak gol pada laga final Piala FA dan Piala Liga Inggris setelah Yaya Toure.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber BBC,Opta
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X