Tren Sirkuit Jalan Raya di Kota-kota Besar Dunia

Kompas.com - 15/05/2019, 16:22 WIB
Sirkuit jalan raya di kota Baku, Azerbaijan. yang menjadi lokasi seri Formula 1.Instagram/@bakucitycircuit Sirkuit jalan raya di kota Baku, Azerbaijan. yang menjadi lokasi seri Formula 1.

JAKARTA, KOMPAS.com - Perhelatan ajang balap di sirkuit jalan raya kini tengah menjadi tren di kota-kota besar dunia.

Yang paling terbaru, Ibu Kota Vietnam, Hanoi memastikan diri akan menjadi tuan rumah seri balap Formula 1 pada 2020 mendatang.

Tak perlu membangun sirkuit permanen. Vietnam akan menyiapkan lintasan balap di jalan raya distrik Nam Tu Liem, salah satu wilayah di Hanoi yang jaraknya sekitar 20 menit dari pusat kota.

Baca juga: F1 Vietnam, Sirkuit Jalanan Hanoi Janjikan Banyak Aksi Salip Menyalip

Sirkuit Hanoi akan menjadi sirkuit jalan raya kesekian yang mewarnai balapan Formula 1.

Saat ini, tercatat sudah ada tiga sirkuit jalan raya di ajang balap jet darat tersebut. Yang pertama tentu saja sirkuit legendaris Monte Carlo di Monako.

Selanjutnya ada Sirkuit Marina Bay di Singapura, dan kemudian ada Sirkuit Baku, Azerbaijan.

Pebalap Mercedes asal Jerman, Nico Rosberg, melintasi garis finis pada balapan GP Monaco di Sirkuit Monte Carlo, Minggu (24/5/2015).CRASH.NET Pebalap Mercedes asal Jerman, Nico Rosberg, melintasi garis finis pada balapan GP Monaco di Sirkuit Monte Carlo, Minggu (24/5/2015).

Beberapa tahun silam, Sirkuit Jalan Raya Valencia juga pernah menjadi tuan rumah seri F1 dari 2008-2012.

Selain Hanoi, penyelenggara F1 juga tengah berencana ingin menggelar seri di Ibu Kota China, Beijing.

Saat ini, China sebenarnya sudah memiliki satu seri F1 yang digelar di Sirkuit Shanghai.

Baca juga: Digelar di Jalan Raya, Balap Motor Paling Berbahaya Kembali Digelar

Penyelenggara F1 ingin menggelar seri tambahan di China, namun dihelat di Sirkuit Jalan Raya. Beijing menjadi bidikan karena pernah jadi tuan rumah seri Formula-E pada 2014-2015 silam.

Selain Beijing, kota lainnya yang diincar untuk jadi lokasi balap jalan raya adalah Miami, Amerika Serikat.

Pebalap Red Bull Racing, Daniel Ricciardo, memimpin catatan waktu lap pada sesi latihan bebas 1 GP Singapura di Sirkuit Marina Bay, Jumat (14/9/2018).DOK. RED BULL RACING Pebalap Red Bull Racing, Daniel Ricciardo, memimpin catatan waktu lap pada sesi latihan bebas 1 GP Singapura di Sirkuit Marina Bay, Jumat (14/9/2018).

Jika rencana tersebut disetujui, maka Miami bisa menjadi kota kedua selain Austin yang menjadi tuan rumah balap F1 di Amerika Serikat.

Halaman:



Close Ads X