Van Persie Resmi Pensiun dari Karier Sepak Bola

Kompas.com - 14/05/2019, 06:30 WIB
Robin van Persie, 34, pemain baru Feyenoord Rotterdam, ketika diperkenalkan kepada publik setelah dia menandatangani kontrak 18 bulan pada 22 Januari 2018. REMKO DE WAAL/AFPRobin van Persie, 34, pemain baru Feyenoord Rotterdam, ketika diperkenalkan kepada publik setelah dia menandatangani kontrak 18 bulan pada 22 Januari 2018.

KOMPAS.com - Striker timnas Belanda, Robin Van Persie, resmi mengakhiri kariernya sebagai pesepak bola profesional.

Mantan pemain Arsenal dan Manchester United itu menyampaikan pengumuman gantung sepatu setelah memainkan laga terakhirnya bersama Feyenoord di melawan ADO Den Haag dalam pekan ke-33 Eredivisie – kasta teratas Liga Belanda – pada  Minggu, 12 Mei 2019.

Dalam pertandingan yang dilaksanakan di Stadion de Kuip tersebut, Feyenoord harus mengakui keunggulan tim tamu dengan skor 0-2.

Pria berusia 35 tahun itu bermain sejak awal laga, tapi harus ditarik keluar pada menit ke-90.

Baca juga: Robin van Persie Antarkan Feyenoord Juara Piala Belanda

The Flying Dutchman – julukan Van Persie – telah menghabiskan delapan tahun kariernya sebagai pemain Arsenal dengan menghadirkan satu trofi Piala FA.

Namun, akhirnya mantan penyerang tim nasional Belanda itu berlabuh ke klub rival, Manchester United, pada 2012.

Ia juga berhasil membawa The Red Devils menjadi juara Liga Inggris 2012-2013 saat ditukangi Sir Alex Ferguson kala itu.

Total, Van Persie telah mencetak 144 gol dalam 280 penampilannya di Liga Inggris. Catatan itu membuatnya menjadi pemain Belanda yang mampu mencetak gol terbanyak dalam sejarah Liga Inggris.

Baca juga: Van Persie Ungkap Alasan Kembali ke Feyenoord

Kariernya sebagai timnas Belanda juga akan dikenang berkat gol tandukan Van Persie ke gawang Spanyol pada Piala Dunia 2014. Selama ini, ia sudah mencetak 52 gol dari 101 penampilannya bersama Belanda.

Van Persie mengakhiri perjalanannya sebagai pesepak bola dengan kembali ke klub masa kecilnya, Feyenoord, pada 2017. Ia telah mencetak 20 gol dari 34 laga di Eredivisie.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X