Kompas.com - 12/05/2019, 19:41 WIB
Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria (kanan) saat berfoto dengan pihak Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA). Dok. PSSISekjen PSSI, Ratu Tisha Destria (kanan) saat berfoto dengan pihak Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA).

KOMPAS.com - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akhirnya resmi menjalin kerja sama dengan Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA).

Menurut Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, kerja sama PSSI dengan FA mencakup tiga hal yakni pengembangan usia muda (youth development), coaching education, dan referee management and development.

Baca juga: Liverpool Vs Wolves, Van Dijk Sebut Timnya Akan Habis-habisan

"Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan sepak bola Indonesia," kata Ratu Tisha Destria yang berkunjung ke Inggris untuk sekaligus memantau program Garuda Select di sana.

Oleh karena itu, PSSI membuka ruang seluasnya untuk bekerja sama dengan federasi sepak bola negara lain, termasuk FA," ujar Tisha menambahkan.

Dalam agenda pertemuan dengan The FA, Tisha diterima oleh CEO/Sekjen The FA, Martin Glenn.

Tisha juga mendapat kesempatan berdiskusi dengan Head of Coaching Education The FA yang akan memberi asistensi kepada PSSI dalam percepatan program Elite Pro untuk 18 klub Liga 1 di usia 16, 18, 20 dan grassroot development di Asprov PSSI untuk usia 7-11, 12, 13, 14 dan 15.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam diskusi tersebut, Tisha ditemani Denis Wise sebagai Direktur Program Garuda Select.

"Pertemuan dan diskusinya sangat positif. PSSI sangat senang karena The FA bersedia menjadi partner dengan memberikan dukungan dan asistensi kepada kita," ujar Tisha.

Untuk referee management, The FA akan bekerja sama lebih intens dengan PSSI melalui Professional Game Match Official Limited (PGMOL).

PGMOL akan mengirimkan perwakilannya ke PSSI untuk menjadi Referee Technical Director di Badan Independen Wasit Profesional Indonesia, dan juga Referee Assessor.

"Fokus kerja sama di Referee ada pada Elite Referee dan wasit liga profesional Indonesia," tutur Tisha.

Baca juga: Dua Petarung Legendaris Brasil Kalah di Kandang

Selanjutnya, PSSI dan The FA akan kembali melakukan pertemuan di Paris, Perancis, tepatnya saat Kongres FIFA pada 5 Juni 2019 mendatang.

Nantinya, Sekretaris Jenderal PSSI dan Sekretaris Jenderal the FA (yang akan menggantikan posisi Martin Glenn sejak Agustus 2019), Mark Bullingham, akan membahas lebih detail kerja sama antara kedua federasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber PSSI
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.