Musim Kelam Man United Jadi Berkah Timnas Inggris di Nations League

Kompas.com - 11/05/2019, 12:01 WIB
Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate menyapa para pendukung Inggris seusai laga perebutan peringkat ketiga melawan timnas Belgia di Stadion Saint Petesburg, Sabtu (14/7/2018)Twitter.com/OptaJoe Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate menyapa para pendukung Inggris seusai laga perebutan peringkat ketiga melawan timnas Belgia di Stadion Saint Petesburg, Sabtu (14/7/2018)

KOMPAS.com - Manchester United boleh saja mengalami musim kelamnya pada tahun ini lantaran tanpa trofi dan gagal lolos ke Liga Champions musim depan.

Namun kondisi tersebut jadi berkah tersendiri untuk timnas Inggris dalam persiapan menghadapi semifinal UEFA Nations League.

The Three Lions dijadwalkan akan menghadapi Belanda di Guimaraes, Portugal pada 7 Juni mendatang, atau hanya lima hari setelah final Liga Champions yang mempertemukan dua tim Inggris, Tottenham Hotspur vs Liverpool.

Baca juga: Final Liga Champions Bikin Pusing Pelatih Timnas Inggris

Tak cuma itu, duel sesama tim Inggris (Chelsea vs Arsenal) juga terjadi di final Liga Europa pada 29 Mei.

Belum lagi Manchester City yang masih harus menjalani final Piala FA kontra Watford pada 18 Mei.

Sementara itu, pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate sudah harus mengumumkan nama-nama skuadnya untuk pemusatan latihan pada Kamis (16/5/2019).

Karena itu, Southgate dilaporkan lebih memilih hadir di Old Trafford untuk menyaksikan laga Man United vs Cardiff City pada pekan pamungkas Liga Inggris, Minggu (12/5/2019).

Jesse Lingard berbincang dengan pelatih Ole Gunnar Solskjaer seusai pertandingan Manchester United vs Barcelona dalam perempat final Liga Champions di Stadion Old Trafford, 10 April 2019. AFP/OLI SCARFF Jesse Lingard berbincang dengan pelatih Ole Gunnar Solskjaer seusai pertandingan Manchester United vs Barcelona dalam perempat final Liga Champions di Stadion Old Trafford, 10 April 2019.

Dilaporkan Press Association Sport, selain laga Man United vs Cardiff, Southgate juga mengirim para asistennya untuk menyaksikan dua pertandingan lainnya.

Press Association Sport menyebut dua pertandingan tersebut adalah laga Crystal Palace vs Bournemouth, dan pertandingan play-off Divisi Championship antara Derby vs Leeds pada Sabtu (11/5/2019).

Sebelum menonton laga Man United vs Cardiff, sehari sebelumnya Southgate disebut akan lebih dulu ke Jerman untuk menyaksikan Jadon Sacho membela Borussia Dortmund melawan Fortuna Dusseldorf.

Baca juga: Setelah Latih Chelsea, Sarri Sadar Liga Inggris Berat

Sehubungan dengan situasi yang dihadapinya, Southgate mengaku senang atas pencapaian klub-klub Inggris di Eropa musim ini.

Ia menilai, tampil di pertandingan sekelas final Liga Champions atau Liga Europa akan meningkatkan mental para pemain muda Inggris.

Hal itu dinilainya bisa jadi modal kesuksesan timnas Inggris dalam jangka panjang.

“Meskipun itu membuat persiapan kami sedikit lebih rumit. Ini adalah tantangan yang harus kami hadapi. Kami harus beradaptasi," kata Solskjaer.

“Kami selalu memberi tahu para pemain kami untuk beradaptasi, sehingga kami harus melakukan hal yang sama. Kami masih bisa mempersiapkan tim untuk pertandingan melawan Belanda," lanjutnya.

Baca juga: Rizky dan Dubes Inggris Bicara soal Persaingan Man City Vs Liverpool

Bila berhasil mengalahkan Belanda, Inggris akan menantang pemenang antara Portugal vs Swiss pada final di Porto yang dihelat 9 Juni.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X