Momen Bersejarah, All English Final di Liga Champions dan Liga Europa

Kompas.com - 10/05/2019, 05:40 WIB
Bek Chelsea, Marcos Alonso, menyundul bola mendahului pemain Arsenal pada pertandingan Premier League di Stadion Stamford Bridge, 18 Agustus 2018.  AFP/DANIEL LEAL-OLIVAS Bek Chelsea, Marcos Alonso, menyundul bola mendahului pemain Arsenal pada pertandingan Premier League di Stadion Stamford Bridge, 18 Agustus 2018.

KOMPAS.com — Sepak bola Inggris mencatatkan sejarah dalam persepakbolaan Eropa. Untuk pertama kali, empat tim finalis di Liga Champions dan Liga Europa berasal dari satu negara.

Final sesama wakil Inggris baru saja dipastikan di ajang Liga Europa lewat keberhasilan duo London, Chelsea dan Arsenal, melaju ke final.

Dari hasil Liga Europa untuk leg keduasemifinal, Kamis (9/5/2019) atau Jumat dini hari WIB, Arsenal berhasil menyingkirkan wakil Spanyol, Valencia.

Baca juga: Valencia Vs Arsenal, The Gunners ke Final Berkat 3 Gol Aubameyang

Sementara itu, Chelsea mampu memadamkan perlawanan wakil Jerman, Eintracht Frankfurt, lewat drama adu penalti.

Final Liga Europa musim 2018-2019 dijadwalkan berlangsung di Baku, Azerbaijan, pada 29 Mei.

Sehari sebelumnya, All English Final juga dipastikan terjadi di Liga Champions menyusul keberhasil Tottenham Hotspur mengalahkan wakil Belanda, Ajax Amsterdam.

Di final, Tottenham akan menantang Liverpool yang mampu menyingkirkan Barcelona di semifinal.

Baca juga: Chelsea Vs Eintracht Frankfurt, Menang Adu Penalti, The Blues ke Final

Final Liga Champions dijadwalkan digelar di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, pada 1 Juni mendatang.

Dengan keberhasilan empat wakilnya mencapai final dua ajang Eropa tahun ini, sudah empat kali tercipta final sesama Inggris sepanjang sejarah sepak bola benua biru.

Dua All English Final sebelumnya terjadi pada laga Tottenham vs Wolverhampton Wanderes di final Piala UEFA musim 1971-1972 dan Manchester United vs Chelsea di final Liga Champions musim 2007-2008.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X