Garuda Select Vs Chelsea U-16, Formasi 4-3-3 Bakal Dipakai Lagi

Kompas.com - 10/05/2019, 03:41 WIB
Para pemain Garuda Select menjalani latihan di Aston Recreation Centre, Birmingham, Kamis (9/5/2019). KOMPAS.com/ERIS EKA JAYAPara pemain Garuda Select menjalani latihan di Aston Recreation Centre, Birmingham, Kamis (9/5/2019).

Laporan Wartawan Kompas.com, Aloysius Gonsaga Angi Ebo dan Eris Eka Jaya, dari Inggris

BIRMINGHAM, KOMPAS.com - Skuad Garuda Select kembali menggelar latihan di Aston Recreation Centre, Birmingham, Kamis (9/5/2019). Ini merupakan persiapan menghadapi Chelsea U-16 dalam laga pamungkas program latihan di Inggris, Sabtu (11/5).

Latihan tersebut dipimpin Des Walker. Sesi latihan yang diwarnai gerimis dan suhu 8 derajat celcius itu terbagi dalam beberapa sesi, dimulai dari fisik, gim tujuh pemain yang terbagi dalam lima kelompok dan diakhiri pertandingan internal.

Dalam sesi pamungkas itu, dua tim yang bertanding menggunakan formasi 4-3-3. Tampaknya skema tersebut akan dipakai saat Garuda Select melawan Chelsea U-16 di London.

Baca Juga: Jadwal dan Link Live Streaming Laga Garuda Select di Inggris

Ini tentu saja pakem "baru" Garuda Select di bawah arahan duet Dennis Wise dan Des Walker. Pasalnya, sejak menjalani program pelatihan di Inggris pada Januari 2019, David Maulana dkk akrab dengan pola 3-5-2.

"Bisa dibilang kemungkinan akan menggunakan pola 4-3-3," ujar Des Walker saat dikonfirmasi untuk memastikan apakah timnya memakai formasi tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Skuad Garuda Select berpose bersama pelatih dan para staf usai menjalani latihan di Aston Recreation Centre, Birmingham, Kamis (9/5/2019).ALOYSIUS GONSAGA ANGI EBO/KOMPAS.com Skuad Garuda Select berpose bersama pelatih dan para staf usai menjalani latihan di Aston Recreation Centre, Birmingham, Kamis (9/5/2019).

Mantan pemain timnas Inggris tersebut tidak mau memberikan jawaban pasti soal perubahan pola itu. Baginya, hal terpenting adalah kemampuan pemain dalam bertanding, bukan soal skema.

Meskipun demikian, pola 4-3-3 bukan hal yang baru bagi pasukan Garuda Select yang didominasi skuad U-16 saat menjuarai Piala AFF U-16 tahun lalu. Saat menjadi kampiun ajang tersebut, mereka selalu menggunakan formasi itu yang menjadi andalan Fakhri Husaini.

Baca Juga: Membaca Kalimat Motivasi di Kamar Bek Garuda Select Komang Teguh...

Terbaru, Garuda Select menggunakan skema tersebut saat bermain imbang 2-2 melawan Leicester City U-17 di Holmes Park, Leicester, Senin (6/5). Saat itu, Fakhri Husaini diberi kepercayaan menjadi pelatih tim.

Latihan hari ini menjadi yang terakhir bagi Garuda Select. Menurut rencana, mereka akan berangkat ke London pada Jumat (10/5) dan menginap di ibu kota Inggris tersebut, lalu kembali ke Birmingham usai laga melawan Chelsea. Setelah itu, tim akan mempersiapkan diri kembali ke Indonesia pada 14 Mei.

Para pemain tampak berlatih dengan sangat serius meskipun mereka sedang menjalani ibadah puasa Ramadhan. Cuaca yang dingin membuat mereka seperti tidak merasakan lapar dan haus meskipun latihan berlangsung mulai pukul 14.00 hingga 16.00 waktu setempat.

Laga Garuda Select melawan Chelsea U-16 bisa disaksikan secara langsung via www.supersoccer.tv.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.