Jelang Piala Sudirman 2019, Mohammad Ahsan Tetap Berpuasa

Kompas.com - 09/05/2019, 21:40 WIB
Pasangan ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, saat tiba di Bandar Udara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, pada Minggu (17/3/2019).KOMPAS.COM/NUGYASA LAKSAMANA Pasangan ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, saat tiba di Bandar Udara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, pada Minggu (17/3/2019).

KOMPAS.com - Pebulu tangkis ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan, tetap menjalani ibadah puasa ramadan di tengah latihan menjelang Piala Sudirman 2019 yang akan digelar di Nanning, China, 19-26 Mei 2019.

"Saya baru latihan hari ini, Insyaallah saya coba (puasa), yang penting kan niatnya dulu," ujar Ahsan yang dikutip dari Antara, pada Kamis (9/5/2019).

Baca juga: Balapan F1 Grand Prix Brasil Akan Pindah Lokasi ke Rio de Janeiro

Meski berpuasa, kata Ahsan, tidak ada perubahan jadwal latihan. Semua tetap berjalan seperti biasanya.

Ahsan dan pasangannya Hendra Setiawan, yang pekan lalu meraih gelar New Zealand Open 2019, akan memperkuat tim Indonesia pada Piala Sudirman 2019.

Sementara itu, berbeda dengan Ahsan, pasangan Fajar Alfian/ Muhammad Rian Ardianto memilih untuk tidak menjalankan ibadah puasa saat Ramadan kali ini.

"Enggak (puasa) hari ini. Kemarin coba setengah hari puasa, habis itu malamnya agak lemes gitu," kata Rian.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto merayakan keberhasilan lolos ke semifinal All England 2019, 8 Maret 2019. 
PBSI/Nafielah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto merayakan keberhasilan lolos ke semifinal All England 2019, 8 Maret 2019.

Hal senada juga disampaikan Fajar. Dia mengatakan akan berpuasa pada hari libur, Sabtu dan Minggu. Fajar berencana untuk mengganti puasa seusai Lebaran nanti.

"Bingung juga. Kami berpuasa, di sisi lain kewajiban kami sebagai atlet harus menjaga kondisi. Hari lain saat latihannya padat mungkin kami enggak puasa. Bukannya enggak mau puasa, tetapi stamina kami persiapkan," ujar Fajar.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti, menyatakan bahwa PBSI memberikan kebebasan kepada semua atlet untuk menjalankan ibadah puasa atau tidak.

Namun, Susy berharap para atlet bersikap profesional dengan mengetahui kondisi tubuh dan tidak memaksakan diri agar tidak sakit.

Baca juga: Ini Komentar Sarri Setelah Banding Chelsea Ditolak FIFA

"Karena kita tahu ini tugas negara, kita tahu atlet itu harus profesional, harus tanggung jawab, harus mengerti kondisi diri masing-masing pribadi. Kita kembalikan lagi ke atletnya masing-masing," ujar Susy.

Pada babak penyisihan grup Piala Sudirman 2019 nanti, Indonesia akan menghadapi tim Denmark dan Inggris. Dua tim teratas bakal lolos ke perempat final.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X