Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liverpool Vs Barcelona, 5 Fakta Duel Panas di Stadion Anfield

Kompas.com - 07/05/2019, 19:00 WIB
Firzie A. Idris,
Tri Indriawati

Tim Redaksi

Sumber UEFA

KOMPAS.com - Liverpool akan menjamu Barcelona pada laga leg kedua semifinal Liga Champions, Rabu (8/5/2019) dini hari WIB. The Reds harus memutar balik ketertinggalan 0-3 dari laga pertama di Camp Nou jika ingin melaju ke final.

Barcelona menang besar pada leg pertama berkat gol-gol Luis Suarez dan Lionel Messi (2). Berikut adalah 5 fakta soal duel leg kedua semifinal Liga Champions di Stadion Anfield itu.

1. Rekor Duel Masih Imbang

Laga nanti akan menjadi pertemuan ke-10 kedua tim. Masing-masing tim telah mencatatkan tiga kemenangan, walau The Reds memenangi semua pertemuan dua leg secara agregat.

Barcelona menang 1-0 dalam kunjungan terakhir ke Anfield pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2006-2007 berkat gol tunggal eks bomber Chelsea, Eidur Gudjohnssen.

Namun, satu gol tak cukup bagi Barcelona untuk memutar balik kekalahan 1-2 pada leg pertama.

2. Liverpool Tak Terkalahkan di Stadion Anfield

The Reds memenangi 8 dari 10 laga terakhir dan tak terkalahkan di semifinal Piala/Liga Champions yang dipertandingkan di Anfield sejak 1964-1965.

Dari periode waktu itu, mereka hanya kebobolan empat kali, dua di antaranya datang kontra Roma musim lalu kala The Reds menang 5-2.

Baca Juga: Liverpool vs Barcelona - 3 Calon Pengganti Salah dan Firmino

Kemenangan terbesar Liverpool di Anfield pada semifinal Liga Champions datang kala mereka menumbangkan Panathinaikos 4-0 pada musim 1984-1985.

3. Liverpool Memenangi Tiga dari Empat Adu Penalti

Jika Liverpool bisa mencetak tiga gol tanpa balas dini hari nanti, laga akan berlangsung ke perpanjangan waktu dan kemudian adu penalti. The Reds punya catatan adu ketangkasan dari jarak 12 pas yang mumpuni.

The Reds mencatatkan tiga kemenangan dan hanya sekali kalah dari ajang adu penalti di kompetisi antarklub Eropa. Dua dari lima gelar Liga/Piala Champions Liverpool datang lewat adu penalti, yakni kontra AS Roma (1984) dan keajaiban di Istanbul versus Milan (2005).

Baca Juga: Liverpool Vs Barcelona - Sejarah Comeback dari Ketertinggalan 3 Gol

The Reds juga memenangi adu penalti kontra Chelsea pada semifinal Liga Champions 2006-2007. Namun, mereka kalah pada lakon adu penalti terakhir, kontra Besiktas di babak 32 besar Liga Europa 2014-2015.

4. Barcelona Rentan di Luar Camp Nou

Halaman:
Sumber UEFA
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com