Raja Sapta Oktohari Raih Gelar Promotor Tinju Terbaik di Asia

Kompas.com - 06/05/2019, 22:30 WIB
Raja Sapta Oktohari Kompas.com/Fitria Chusna FarisaRaja Sapta Oktohari

KOMPAS.com - Raja Sapta Oktohari resmi didapuk sebagai promotor tinju terbaik di Asia. Gelar itu diberikan WBC Asia atas kesuksesannya membangun tinju bersama Mahkota Promotion selama 2018.

Kabar tersebut disampaikan melalui surat elektronik yang dikirim pada 26 April lalu. Surat itu ditandatangani langsung oleh ketua WBC Muaythai, Gen Kovid Bhakdibhumi.

Baca juga: Kemenpora dan KOI Bentuk Tim Evaluasi Atlet untuk SEA Games 2019

"WBC Asian Boxing Council mengundang Anda untuk menerima penghargaan 'Honorary Promoter of the Year 2018' pada acara Annual Award Presentation 2019, yang berlangsung pada 22 Mei 2019 di Bangkok, Thailand," tulis dalam surat tersebut.

Okto, panggilan karib Raja Sapta Oktohari, yang saat itu tengah berada di Uzbekistan, mengaku terkejut dengan adanya surat undangan tersebut.

"Saya tidak menyangka mendapat penghargaan tersebut. Apalagi surat dikirimkan saat saya masih berada di Uzbekistan. Alhamdullilah, bulan ramadaan dapat penghargaan, mungkin ini rejeki saya," kata Okto.

Baginya, penghargaan sebagai promotor terbaik di Asia bukan kali ini saja. Anak kedua dari empat bersaudara ini juga pernah dinobatkan sebagai promotor tinju dunia termuda oleh World Boxing Association.

"Awal saya sebagai promotor petinju karena ingin mendukung tinju dan tak banyak yang mengerjakan. Saya sebagai pengusaha melihat peluang itu dan terbukti berhasil," ujar Okto.

"Saat saya masuk banyak mendapat apresiasi karena pengalaman orang terhadap tinju juga sangat minim. Sebelum saya masuk, ada Boy Bolang dan Aseng yang lebih dulu memulai, dan dalam prosesnya saya masuk ke dunia promotor internasional."

Okto yang juga menjabat sebagai Ketua Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) ini berharap dengan adanya penghargaan ini, seluruh promotor Indonesia bisa saling bekerja sama memajukan olahraga tinju.

Baca juga: 2020 Tenggat Brisbane Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah 2032

"Sekarang ini banyak petinju baru dan promotor yang bagus. Nah, semuanya harus kerjasama karena tinju ini harus dihidupkan," kata Okto.

"Para promotor itu tak perlu berkompetisi tapi harus bekerjasama supaya tinjunya bisa hidup lagi, kuat lagi, dan animo masyarakat bisa ditingkatkan."

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar di artikel lainnya
Close Ads X