F1 Vietnam, Sirkuit Jalanan Hanoi Janjikan Banyak Aksi Salip Menyalip

Kompas.com - 04/05/2019, 17:30 WIB
Gambar rancangan sirkuit jalanan di Hanoi, Vietnam yang akan mulai menjadi lokasi penyelenggaraan balap Formula 1 pada 2020 mendatang. www.grandprixnews.comGambar rancangan sirkuit jalanan di Hanoi, Vietnam yang akan mulai menjadi lokasi penyelenggaraan balap Formula 1 pada 2020 mendatang.
Penulis Alsadad Rudi
|

KOMPAS.com - Perancang sirkZsauit jalanan Hanoi menjanjikan Grand Prix F1 Vietnam akan menyajikan banyak aksi salip menyalip.

Vietnam akan mulai menjadi tuan rumah seri F1 pada 2020 mendatang.

Balapan akan dihelat di sirkuit jalanan yang ada di Ibu Kota negara tersebut, Hanoi.

Berlokasi di distrik Nam Tu Liem, sekitar 20 menit dari pusat kota, sirkuit jalanan Hanoi dibangun dengan mengambil 2/3 persen jalan raya eksisting.

Sementara itu, bagian-bagian sirkuit yang terdiri dari tikungan-tikungan berkecepatan tinggi, dan trek lurus start-finis akan dibangun dari awal.

Baca juga: Resmi, F1 Digelar di Vietnam pada 2020

"Ada kolaborasi erat antara tim di Formula 1 dengan para panitia di Hanoi dalam mendesain sirkuit," kata Managing Director Tilke selaku perancang sirkuit, Carsten Tilke kepada F1 Racing.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sirkuit jalanan Hanoi memiliki tiga trek lurus panjang, dua diantaranya dihubungkan dengan sebuah bundaran.

Trek lurus terpanjang memiliki jarak mencapai sekitar 1,5 kilometer.

Desain sirkuit dibuat untuk menghadirkan sebanyak mungkin aksi saling menyalip. Sehingga dinilai lebih menyerupai sirkuit jalanan Baku (Azerbaijan) ketimbang Monako.

Baca juga: Pemindahan GP Inggris dari Silverstone ke Jalanan London Ditentang

"Mereka memberi banyak masukan dan kami banyak berdiskusi tentang bagaimana membuat sirkuit yang bagus, tidak hanya dari perspektif mengemudi, tetapi juga menghadirkan banyak peluang menyalip," ujar Tilke.

Meski kalander F1 2020 belum diumumkan, pembangunan sirkuit jalanan Hanoi ditargetkan sudah rampung saat musim baru dimulai awal tahun depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Motorsport
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.