Valverde Dukung Xavi Jadi Pelatih Barcelona

Kompas.com - 04/05/2019, 12:47 WIB
Xavi Hernandez kala merayakan keberhasilan Barcelona meraih gelar Liga Champions di Stadion Camp Nou, pada 7 Juni 2015.JOSEP LAGO/AFP Xavi Hernandez kala merayakan keberhasilan Barcelona meraih gelar Liga Champions di Stadion Camp Nou, pada 7 Juni 2015.

KOMPAS.com - Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde menyatakan mendukung Xavi Hernandez untuk menduduki jabatannya di masa mendatang.

Xavi sudah mengumumkan rencananya untuk pensiun. Setelah gantung sepatu, pemain yang kini membela klub Qatar, Al Sadd itu, tertarik melanjutkan karier sebagai pelatih.

Menurut Valverde, Xavi adalah salah satu gelandang terbaik dalam beberapa tahun terakhir. Xavi dinilai punya peranan penting saat bermain dengan umpan-umpan yang ciamik.

"Xavi adalah salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepak bola. Sungguh menakjubkan menyaksikannya bermain," puji Valverde.

Baca juga: Xavi Hernandez Umumkan Rencana Pensiun

Valverde menilai semua orang di Barcelona pasti berharap Xavi bisa menjadi pelatih di klub tersebut.

"Dia punya profil di Barcelona atau di mana pun dia berada. Saya berharap dia beruntung, tentu saja," ucap Valverde.

Xavi pernah 17 tahun bermain di Barcelona, sebelum hengkang ke Al Sadd pada 2015 silam.

Ia telah ikut memenangkan 19 trofi untuk Barca, delapan di antaranya mahkota La Liga dan empat gelar Liga Champions.

Saat mengumumkan rencananya untuk pensiun, Xavi menegaskan jika nantinya jadi pelatih, maka akan memainkan filosofi yang sama dengan Barcelona, yakni menyerang dengan mengutamakan penguasaan bola.

Baca juga: Pique dan Xavi Dipanggil Perkuat Timnas Katalonia Lawan Venezuela

"Filosofi saya sebagai pelatih mencerminkan gaya yang kami kembangkan selama bertahun-tahun di bawah pengaruh Johan Cruyff dan La Masia," kata Xavi. 

"Hal itu memiliki eksponen terbesar dalam cara bermain sepak bola di Barcelona," ujar pemain yang turut mengantarkan Timnas Spanyol juara Piala Dunia 2010 dan dua kali juara Piala Eropa itu.




Close Ads X