PSSI Mulai Siapkan Kongres Luar Biasa

Kompas.com - 02/05/2019, 20:36 WIB
Kantor PSSI di Gelora Bung Karno, Senayan. Dok. PSSIKantor PSSI di Gelora Bung Karno, Senayan.
Penulis Alsadad Rudi
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia ( PSSI) sedang menyiapkan pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) yang rencananya akan diselenggarakan pada 13 Juli 2019.

Dalam KLB ini akan dibahas tiga agenda utama, yakni revisi statuta PSSI, revisi kode pemilihan PSSI, dan memilih anggota baru untuk komite pemilihan dan komite banding pemilihan.

Pelaksanaan KLB ini sesuai dengan saran dan masukan dari FIFA dan ditandatangani langsung oleh Sekretaris Jenderal badan sepak bola dunia itu.

"PSSI secara intens berkomunikasi dengan FIFA, tak hanya terkait soal KLB, tetapi juga program dan masalah organisasi lainnya,” kata Plt Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto dikutip dari keterangan tertulis PSSI, Kamis (2/5/2019).

Baca juga: KPSN Dapat Mandat Gelar KLB

Iwan menjelaskan, saat ini FIFA tengah mereview dan akan memberikan catatan dalam revisi Statuta dan Kode Pemilihan. Hasil review rencananya akan dikirim pada tanggal 12 Mei 2019.

Ia menyebut PSSI selambat-lambatnya akan memberikan feedback pada 30 Mei 2019.

“Finalisasi bersama akan dilakukan pada 6 Juni 2019,” ujar Iwan.

Menurut Iwan, agenda, draft revisi statuta, dan draft kode pemilihan PSSI akan dilampirkan dalam notifikasi dan undangan Kongres Luar Biasa yang akan disirkular, satu bulan sebelum KLB yaitu 12 Juni 2019.

Pemilihan KLB di tanggal 13 Juli 2019, tidak hanya terkait proses revisi Statuta PSSI dan Kode Pemilihan PSSI, namun juga terkait untuk menghormati Hari Raya Idul Fitri yang jatuh di tanggal 6 dan 7 Juni 2019.

Baca juga: Manajer Bhayangkara FC Berharap PSSI Segera Lakukan KLB

Sementara itu, nominasi nama-nama calon Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan akan diputuskan dalam Rapat Komite Eksekutif PSSI berikutnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X