Amin Prihantono dan Koming Resmi Pensiun dari Basket

Kompas.com - 01/05/2019, 07:40 WIB
Pebasket senior Indonesia, Ponsianus Nyoman Indrawan (Koming).FIBA BASKETBALL Pebasket senior Indonesia, Ponsianus Nyoman Indrawan (Koming).

KOMPAS.com - Dua pebasket senior Indonesia dari klub Pelita Jaya Basketball, Amin Prihantono dan Ponsianus Nyoman Indrawan, akhirnya resmi memutuskan pensiun.

Kabar pensiunnya Amin dan Koming (panggilan Indrawan) diumumkan melalui akun Instagram IBL Indonesia pada Selasa (30/4/2019) sore, yang kemudian dihapus.

Saat Kompas.com mengonfirmasi langsung kepada Koming, ia tak membantah kabar tersebut.

Baca juga: PUBG Rilis Mode Darkest Night

Koming merasa bahwa sekarang adalah waktu yang tepat untuk pensiun, dan ia berharap keputusan itu bisa memberikan lebih banyak kesempatan kepada para pemain muda

"(Rencana pensiun) Sudah lama. Memang rencananya dulu cuma perpanjang kontrak 2 tahun, habisnya Agustus 2019 ini. Saya merasa sudah kurang bisa berkontribusi lagi," kata Koming.

"Secara fisik, mungkin untuk turnamen pendek masih bisa. Tetap kalau buat liga yang panjang, sudah terasa sekali. Badan sudah tidak bisa cepat pulih seperti waktu muda," ucap power forward yang akan genap berusia 34 tahun pada 13 Agustus mendatang.

Koming pun berpesan kepada para pemain Pelita Jaya agar tetap menjaga semangat. Terlebih lagi, mereka kini ditangani oleh pelatih anyar, Octaviarro Tamtelahitu.

"Sekarang, kami dapat pelatih baru dengan rekor yang bagus, jadi peluang juara tetap terjaga. Intinya tetap semangat latihan, dan nurut serta percaya ke pelatih," tutur Koming.

Seusai pensiun, Koming mengaku ingin membuka usaha, serta mengisi waktu dengan menjadi pelatih basket untuk anak-anak.

"Saya belum siap kalau langsung melatih tim pro. Saya dari awal dulu saja, melatih anak-anak sambil memantapkan lisensi juga," kata Koming.

Koming merupakan salah satu sosok yang pernah menjadi andalan tim nasional bola basket putra Indonesia.

Baca juga: Pelatih PSM Keluhkan Jadwal Padat dan Buruknya Lapangan Stadion PTIK

Ia tercatat pula pernah menjadi bagian dari Bimasakti Nikko Steel Malang, dan kemudian bertahun-tahun menjadi pemain andalan di Pelita Jaya.

Demikian pula Amin Prihantono. Eks pemain Satria Muda itu juga pernah menjadi anggota tim nasional. Pada 2014, ia lalu bergabung ke Pelita Jaya.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X