Lakukan Hal Ini Sebelum Berolahraga Pound Fit

Kompas.com - 28/04/2019, 04:30 WIB
Ikatan Alumni TK-SD Tarakanita 2 Jakarta pada gelaran Rock Ur Day- Pound Ur Fit di Pintu 6 Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta mulai pukul 05.30 WIB, Minggu (28/4/2019). Kompas.com/Josephus PrimusIkatan Alumni TK-SD Tarakanita 2 Jakarta pada gelaran Rock Ur Day- Pound Ur Fit di Pintu 6 Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta mulai pukul 05.30 WIB, Minggu (28/4/2019).


JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai olahraga yang penuh dengan gerakan cepat, pound fit sudah barang tentu mesti diawali dengan pemanasan memadai.

Hal yang sama juga berlaku bagi peserta kegiatan bertajuk Rock Ur Day- Pound Ur Fit di Pintu 6 Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta mulai pukul 05.30 WIB, Minggu (28/4/2019).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh alumni TK-SD Tarakanita 2 Jakarta.

Catatan terkumpul oleh Kompas.com menunjukkan setidaknya, ada dua risiko cedera yang bisa dialami saat berolahraga pound fit lantaran kurangnya pemanasan.

Selain cedera lutut, pelaku olahraga pound fit rentan mengalami sakit pada punggung.

Pasalnya, olahraga berkategori jam session kardio alias olahraga untuk meningkatkan detak jantung ini punya banyak gerakan squat.

Squat adalah latihan untuk melatih otot paha, panggul dan bokong, quad, hamstring, juga menguatkan tulang, ligamen dan tendon di bagian bawah tubuh.

(Baca: Cara Melakukan Squat Secara Tepat)

Penampilan tarian modern siswa-siswi SD Tarakanita 2 Jakarta pada gelaran Rock Ur Day- Pound Ur Fit di Pintu 6 Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta mulai pukul 05.30 WIB, Minggu (28/4/2019).Kompas.com/Josephus Primus Penampilan tarian modern siswa-siswi SD Tarakanita 2 Jakarta pada gelaran Rock Ur Day- Pound Ur Fit di Pintu 6 Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta mulai pukul 05.30 WIB, Minggu (28/4/2019).

Pemanasan
Siswa-siswi SD Tarakanita 2 Jakarta berlatih tari modern di halaman sekolah untuk persiapan tampil pada Rock Ur Day- Pound Ur Fit di Pintu 6 Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta mulai pukul 05.30 WIB, Minggu (28/4/2019).
Dokumentasi SD Tarakanita 2 Jakarta Siswa-siswi SD Tarakanita 2 Jakarta berlatih tari modern di halaman sekolah untuk persiapan tampil pada Rock Ur Day- Pound Ur Fit di Pintu 6 Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta mulai pukul 05.30 WIB, Minggu (28/4/2019).

Lantaran alasan tersebut di atas, pemanasan pun menjadi hal penting.

Tentu saja, sebelum melakukan olahraga pound fit, silakan melakukan pemanasan.

"Pemanasan sebelum olahraga sangat penting, untuk mencegah cedera dan membuat olahraga lebih efektif," tulis dr. Marissa melalui media sosial WA menjawab pertanyaan Kompas.com.

Lebih lanjut, dr. Marissa yang juga terlibat dalam kepanitiaan kegiatan pagi ini  memberikan catatan bahwa pemanasan dapat disesuaikan dengan jenis olahraga yang akan dilakukan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X