Stephanie Frappart Jadi Wanita Wasit Pertama yang Pimpin Laga Ligue 1

Kompas.com - 25/04/2019, 14:00 WIB
Gelandang PSG, David Beckham (kiri), dipeluk bos PSG, Nasser Al-Khelaifi, ketika acara penyerahan trofi Ligue 1, Sabtu (18/5/2013) usai PSG menang 3-1 atas Brest. Dalam laga ini Beckham menjadi kapten dan mendapat tepuk tangan penonton dan rekan setim ketika dia ditarik keluar pada menit ke-81.AFP/KENZO TRIBOUILLARD Gelandang PSG, David Beckham (kiri), dipeluk bos PSG, Nasser Al-Khelaifi, ketika acara penyerahan trofi Ligue 1, Sabtu (18/5/2013) usai PSG menang 3-1 atas Brest. Dalam laga ini Beckham menjadi kapten dan mendapat tepuk tangan penonton dan rekan setim ketika dia ditarik keluar pada menit ke-81.

KOMPAS.com — Federasi Sepak Bola Perancis (FFF) akhirnya menetapkan Stephanie Frappart sebagai wasit utama yang mempimpin laga antara Amiens dan Strasbourg di Stade de la Licorne, Minggu (28/4/2019).

Keputusan ini membuat Frappart menjadi wanita wasit pertama yang memimpin sebuah pertandingan di Ligue 1, kasta teratas kompetisi sepak bola Liga Perancis.

Ia sengaja dipilih FFF dalam persiapannya untuk menjadi wasit Piala Dunia Wanita yang akan diadakan di Perancis tahun ini. Hal ini menjadikan Frappart akan memimpin Piala Dunia Wanita untuk kali kedua.

Baca juga: Herrera Akan Hengkang ke PSG Musim Depan

Perempuan berusia 34 tahun itu sebelumnya juga pernah memimpin laga Ligue 2 pada 2014.

“FIFA telah mengundang federasi dengan wasit terpilih untuk Piala Wanita Dunia guna mempersiapkan mereka di bawah kondisi terbaik untuk kompetisi tingkat tinggi ini,” tulis FFF, seperti dilansir BBC Rabu (24/4/2019).

Sebelumnya, Frappart ambil bagian sebagai  wasit di Piala Dunia Wanita 2015, termasuk memimpin laga antara Inggris dan Belanda, yang dimenangi De Oranje dengan skor 3-0.

Baca juga: Buntut Kerusuhan di Paris, Empat Laga Ligue 1 Ditunda

Frappart masih kalah oleh Bibiana Steinhaus, yang mampu mempimpin pertandingan di kasta tertinggi kompetisi sepak bola Eropa.

Steinhaus kala itu menjadi wanita wasit pertama dalam laga antara Hertha Berlin dan Werder Bremen di Bundesliga pada 2017.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X