Zidane Harus Bikin Madrid Lapar untuk Berjaya di Spanyol dan Eropa

Kompas.com - 22/04/2019, 08:42 WIB
Zinedine Zidane memberi instruksi kepada anak-anak asuhnya pada pertandingan Real Madrid vs Celta Vigo dalam lanjutan La Liga Spanyol di Stadion Santiago Bernabeu, 16 Maret 2019.AFP/GABRIEL BOUYS Zinedine Zidane memberi instruksi kepada anak-anak asuhnya pada pertandingan Real Madrid vs Celta Vigo dalam lanjutan La Liga Spanyol di Stadion Santiago Bernabeu, 16 Maret 2019.

KOMPAS.com - Mantan bintang Real Madrid, Clarence Seedorf, memberikan masukan kepada Zinedine Zidane agar timnya kembali berjaya di Spanyol dan Eropa. Menurutnya, sang pelatih harus bisa membuat timnya merasa lapar.

Zidane, yang meletakkan jabatan pada akhir musim 2017-2018, kembali menjadi pelatih Real Madrid pada akhir bulan lalu. Dia dipanggil untuk menggantikan Santiago Solari yang dipecat.

Kehadiran Zidane tak bisa mengubah keadaan karena timnya dipastikan tanpa gelar pada musim ini. Sergio Ramos dkk sudah tersingkir dari Copa del Rey dan Liga Champions serta nyaris mustahil membendung Barcelona meraih gelar juara La Liga.

Baca Juga: Benzema Akui Kembalinya Zidane Bikin Real Madrid Kian Bergairah

Namun, kedatangan Zidane memberikan angin segar karena performa tim mulai meningkat. Zidane pun digadang-gadang memiliki kekuasaan penuh untuk merekrut pemain menghadapi musim 2019-2020.

"Bisa dimengerti mengapa klub kembali menunjuk Zidane," ujar Seedorf kepada Daily Mail.

"Musim ini akan sulit tetapi penting bahwa anda fokus pada persiapan mental dan membuat tim lapar untuk menghadapi tantangan ke depan."

Mantan playmaker timnas Belanda ini pun mengingatkan agar Madrid tak hanya fokus untuk memenangi Liga Champions pada musim depan. Dia berharap, di bawah arah Zidane, Madrid bisa tampil dengan gaya menawan.

Baca Juga: Real Madrid Vs Bilbao, Zidane Sebut Benzema No 9 Terbaik di Dunia

"Dia memiliki pemahaman yang bagus tentang pemain, permainan dan segalanya seputar permainan. Mengelola aspek lain dari klub akan menjadi tantangan, tetapi dia sangat berpengalaman," ujar Seedorf.

Memang, Zidane termasuk pelatih paling sukses di Santiago Bernabeu. Bagaimana tidak, dalam kurun waktu lebih dari dua tahun, mantan playmaker Juventus dan Madrid ini mempersembahkan tiga gelar Liga Champions, 1 trofi La Liga, 2 Piala Dunia Antarklub, 2 Piala Super Eropa dan 1 Piala Super Spanyol.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X