Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Elite Pro Academy Liga 1 U-16 Dimulai

Kompas.com - 19/04/2019, 10:44 WIB
Alsadad Rudi,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

Sumber PSSI

JAKARTA, KOMPAS.com - Kompetisi Elite Pro Academy Liga 1 U-16 2019 akan mulai bergulir pada Jumat (19/4/2019) hari ini.

Enam laga akan digelar serentak, yakni PS Tira versus Perseru Serui, PSIS Semarang lawan PSS Sleman, Persija Jakarta lawan Semen Padang, Bhayangkara FC versus Persela Lamongan, Madura United lawan Arema FC, dan Persib Bandung versus Barito Putera.

PSSI direncanakan akan membuka kompetisi ini pada laga Persib melawan Barito di Stadion Arcamanik, Bandung.

Salah satu kompetisi bergengsi usia muda ini memasuki tahun kedua. Pada edisi perdana tahun 2018, Persib Bandung sukses menjadi kampiun.

Selain kompetisi Liga 1 U-16, tahun ini PSSI juga menggelar Liga 1 U-18 dan U-20. Elite Pro Academy Liga 1 U-16 2019 akan berlangsung hingga 6 Oktober mendatang.

Direktur Teknik PSSI, Danurwindo, mengatakan bahwa kompetisi ini nantinya bukan hanya untuk kepentingan PSSI, tapi juga kepentingan klub untuk mempersiapkan pemain-pemain masa depan.

Baca juga: PSSI Kembali Gelar Festival Elite Pro Academy U-16

"Selain Liga 1 U-16 tahun ini kami juga menghelat Liga 1 U-18 dan U-20. Kami harap nantinya kualitas kompetisi di level utama akan lebih meningkat karena sudah dipersiapkan semenjak usia muda," kata Danurwindo.

Mantan pelatih Indonesia era 1990-an ini mengaku bahwa dengan adanya kompetisi ini nantinya para pelatih klub atau timnas Indonesia terbantu untuk mencari pemain yang diinginkan karena setiap klub membawa atau merekrut setiap pemain terbaik di kota asal tim tersebut.

"Dengan makin banyaknya kompetisi usia muda menjadi hal yang bagus untuk PSSI ke depannya. Pemain juga terasah sejak usia muda karena mereka dituntut kemampuan, teknik, skill, kecerdasan, dan fairplay," kata Danurwindo.

Baca juga: Sebelum Latih Timnas U-16, Bima Sakti Akan Latihan di Inggris

Kompetisi Elite Pro Academy Liga 1 U-16 diikuti 18 tim peserta Liga 1 2019 dibagi dalam tiga grup dengan format bertemu semua alias home and away, yakni dua kali kandang dan tandang. Khusus grup C akan menggunakan format home turnamen.

Pertandingan akan berlangsung 2x30 menit dengan pergantian maksimal lima pemain setiap tim. Selain itu setiap tim juga harus wajib memainkan lima pemain kelahiran 2004.

Pembagian Grup Elite Pro Academy Liga 1 U-16 2019

Grup A: PS Tira, Perseru, PSIS, PSS, Persija, Semen Padang

Grup B: Bhayangkara FC, Persela, Madura United, Arema FC, Persib, Barito Putera

Grup C: Kalteng Putera, PSM, Bali United, Borneo FC, Persebaya, Persipura

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PSSI
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com