MotoGP Amerika 2019: Marquez Jatuh, Rekor Rossi Masih Terjaga

Kompas.com - 15/04/2019, 17:47 WIB
Marc Marquez terjatuh pada lap ke-9 di tikungan 12 sirkuit Austin, Texas, Amerika Serikat, Senin (15/4/2019)MotoGP Marc Marquez terjatuh pada lap ke-9 di tikungan 12 sirkuit Austin, Texas, Amerika Serikat, Senin (15/4/2019)

KOMPAS.com - Harapan Marc Marquez untuk memperpanjang rekor tak terkalahkan di Circuit of The Americas (COTA), Austin, Texas, kandas.

Pada balapan yang berlangsung Senin (15/4/2019) dini hari WIB, pebalap Repsol Honda itu terjatuh di tikungan 12 lap ke-9 .

Rekor kemenangan Marquez dalam satu seri balapan pun harus terhenti di angka enam dan gagal menyamai catatan Valentino Rossi di Sirkuit Mugello dengan tujuh kemenangan beruntun.

Ini menjadi kegagalan pertama bagi pebalap asal Spanyol itu di MotoGp Amerika Serikat sejak 2013.

Baca juga: Marc Marquez Tak Mengerti Penyebab Terjatuh di MotoGP Amerika 2019

"Sudah enam tahun yang luar biasa di sini, tetapi hari ini, saya melakukan kesalahan besar. Tepat ketika saya tiba di tikungan," kata Marquez dikutip dari Crash.

Saat terjatuh, Marquez sedang memimpin balapan dengan keunggulan 3,6 detik atas pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi.

Ia merasa sudah membalap dengan aman dan menghemat pemakaian ban depan. Namun, akhirnya Marquez tergelincir dan tidak dapat melanjutkan balapan.

"Saya punya ritme yang sangat baik dalam balapan ini, ngotot sejak awal demi mencapai 2 menit 0.4 detik yang rendah," kata Marquez.

"Tapi kemudian saya melihat margin dan saya melamban menjadi 2 menit 0,4 detik menengah, karena menurut saya ritme ini sudah baik, toh saya juga nyaman," ujarnya.

Baca juga: Klasemen MotoGP, Valentino Rossi Sukses Geser Marc Marquez

Marquez merasa kecewa tidak dapat menyelesaikan balapan di seri Amerika dan mengaku akan fokus menyambut seri balapan selanjutnya di Sirkuit Jerez, Spanyol, awal Mei mendatang.

"Kadang hal macam ini bisa terjadi. Kecewa, sulit memahami, tapi beginilah situasinya. Kini, kami hanya harus fokus pada balapan selanjutnya di Jerez dan memahami situasi,” jelasnya.

Akibat gagal finis di MotoGP Amerika, posisi Marquez di klasemen umum pebalap harus melorot ke urutan keempat dengan raihan 45 angka. Dia tertinggal sembilan poin dari pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, yang bertengger di puncak klasemen.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X