Liga 1 2019 Batal Gunakan VAR

Kompas.com - 11/04/2019, 18:20 WIB
Kompetisi Liga 1 2019 dapat dipastikan tidak akan menggunakan Video Assistant Referee (VAR)AFP Kompetisi Liga 1 2019 dapat dipastikan tidak akan menggunakan Video Assistant Referee (VAR)

KOMPAS.com - PT Liga Indonesia Baru (LIB) memutuskan kompetisi Liga 1 musim ini tidak menggunakan Video Assistant Referee ( VAR). Harapan pecinta sepak bola Tanah Air melihat kompetisi di negeri sendiri yang lebih modern dan bebas dari kontroversi pun menguap.

Dirk Soplanit, Direktur sementara PT LIB, yang mengatakan hal tersebut pada Kamis (11/4/2019). Menurutnya, Liga 1 musim ini belum akan menggunakan teknologi pembantu wasit tersebut.

"Saya kira, menurut pengamatan saya, belum sampai ke situ. Kami belum menerapkan itu," kata Dirk yang juga anggota komite eksekutif (Exco) PSSI.

Baca juga: Jadwal Liga 1 2019, Ini Skedul Super Big Match Musim Ini

Kendati demikian, tidak ada alasan yang jelas mengapa VAR urung digunakan dalam kompetesi kasta tertinggi Tanah Air pada musim ini. Padahal, sejumlah kejuaraan seperti Piala Menpora, bahkan kompetisi amatir bernama Bandung Premier League sudah lebih dulu mengadopsi teknologi tersebut.

Hadirnya VAR di Liga 1 musim ini dinilai publik bakal mereduksi keputusan berbau kontroversial yang kerap kali dilakukan oleh sang pengadil di lapangan.  

Masih segar dalam ingatan, ketika wasit lokal berlabel FIFA, Thoriq Alkatiri, mengesahkan dua gol kontroversial saat pertandingan babak delapan besar Piala Presiden 2019 antara juara bertahan Liga 1, Persija Jakarta, melawan tim yang baru naik kasta ke kompetisi teratas, Kalteng Putra.

Baca juga: PT LIB Pastikan Ada Sponsor Baru Pengganti Gojek untuk Liga 1 2019

Yang pertama adalah gol Patrich Wanggai ke gawang Persija. Jika dilihat dari tayangan ulang, mantan penyerang Persib Bandung tersebut menceploskan bola menggunakan tangannya.

Kedua, gol Bruno Matos juga dilegalkan oleh Thoriq. Gol tersebut menjadi kontroversi karena dari tayangan ulang, pria asal Brasil tersebut sudah dalam posisi offside.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X