Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Man United Vs Barcelona, Jenderal Muda Setan Merah Naik Kelas

Kompas.com - 11/04/2019, 16:22 WIB
Firzie A. Idris,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gelandang muda Manchester United, Scott McTominay (22 tahun), unjuk gigi walau Setan Merah menelan kekalahan 0-1 kontra Barcelona pada laga leg pertama perempat final Liga Champions, Kamis (11/4/2019) dini hari WIB.

Laga tersebut hanyalah start kedua Scott McTominay di Liga Champions musim ini setelah kemenangan dramatis 3-1 lawan Paris Saint-Germain pada laga leg kedua babak 16 besar.

Sebelumnya, ia hanya duduk dua kali di bangku cadangan pada laga fase grup dan tak masuk skuad dalam lima dari tujuh pertandingan pertama Manchester United di Liga Champions musim ini.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Sendirian Angkat Juventus di Fase Gugur Liga Champions

Nomor punggung 39 yang ia pakai merupakan tertinggi dari semua pemain kedua kubu di Old Trafford, menandakan bahwa ia memang bukan anggota skuad inti pada awal musim ini.

Namun, McTominay tampil sangat dewasa dalam laga di mana Manchester United terlihat sangat kesulitan meredam aliran deras bola FC Barcelona.

Scott McTominay menuntaskan 25 dari 34 usaha operannya sepanjang 90 menit.

Ia juga tenang dalam penguasaan bola. Suatu hal yang terlihat dari bagaimana McTominay beberapa kali keluar dari tekanan para pemain tengah Barcelona dengan gerakan-gerakan kaki lincah.

Pemain timnas Skotlandia ini bermain lebih bagus ketimbang dua rekannya di lapangan tengah Setan Merah malam hari itu, Paul Pogba yang punya banderol 89 juta pounds dan Fred yang dihargai 52 juta pounds.

Manchester Evening News (MEN) mengatakan bahwa penampilan McTominay ini menjadi bukti bahwa sang jenderal muda bukan hanya sekadar pion pada akhir era Jose Mourinho.

"Ia dianggap sebagai pion dalam permainan Mourinho, hanya dimainkan sebagai gestur kepada para pemain bintang United bahwa mereka harus meningkatkan permainan," tulis media lokal Manchester tersebut.

"Banyak yang menduga ia akan langsung dipinjamkan Manchester United ke klub kasta kedua Liga Inggris setelah Mourinho hengkang," lanjutnya.

Baca Juga: Kalah dari Barcelona, Pogba Menghindari Isu Pindah ke Real Madrid

Akan tetapi MEN memuji bagaimana pemain muda itu mampu merebut hati Ole Gunnar Solskjaer dan membuktikan perannya sebagai komponen sentral di ruang mesin Manchester United.

Mereka pun mengatakan bahwa McTominay layak menjadi anggota tim baru yang akan dibentuk Solskjaer mulai musim panas nanti.

"Jangan salah, McTominay merupakan anggota skuad ini dan bukan sebagai pemain pinggiran. Ia merenggut kepercayaan Mourinho dan kini dari Solskjaer," tulis MEN.

"Makin jelas bahwa ia mendapat dukungan fans karena beberapa kali Old Trafford menyanyikan namanya kontra Barcelona. Masa depan cerah menanti sang pemain."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com