Final Piala Presiden, Khofifah-Gus Ipul Minta Bonek dan Aremania Damai

Kompas.com - 08/04/2019, 06:10 WIB
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Mantan Wagub Jatim Saifullah Yusuf di acara Konser Slank dan Ngaji Kebangsaan di Lapangan Kodam V Brawijaya, Surabaya, Minggu (7/4/2019) malam. KOMPAS.com/GHINAN SALMANGubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Mantan Wagub Jatim Saifullah Yusuf di acara Konser Slank dan Ngaji Kebangsaan di Lapangan Kodam V Brawijaya, Surabaya, Minggu (7/4/2019) malam.

SURABAYA, KOMPAS.com - Partai puncak Piala Presiden 2019 akan mempertemukan dua klub asal Jawa Timur, yakni  Persebaya Surabaya Vs Arema FC.

Duel kedua tim diprediksi bakal berlangsung dengan tensi tinggi mengingat Persebaya dan Arema memiliki basis pendukung yang sangat besar dan fanatik.

Selama ini, kedua suporter, Bonek dan Aremania, juga dikenal memiliki rivalitas tinggi. Final Piala Presiden 2019 juga akan menjadi ujian kedewasaan untuk kedua suporter.

Atas kondisi tersebut, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengimbau para pendukung kedua tim, yakni Bonek dan Aremania, agar menjadikan momentum final Piala Presiden yang mempertemukan dua klub asal Jawa Timur menjadi ajang perdamaian.

Baca juga: Final Piala Presiden 2019, Ujian Kedewasaan Bonek dan Aremania

"Mendekati pertandingan Final Piala Presiden, antara Persebaya dengan Arema, keduanya mesti bisa menghormati satu sama lain, entah itu di Surabaya ataupun di Malang," ujar Khofifah di sela Konser Slank dan Ngaji Kebangsaan di Lapangan Makodam V Brawijaya, Surabaya, Minggu (7/4/2019).

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama ini juga meminta agar gelaran final Piala Presiden 2019 bisa berjalan kondusif sehingga Provinsi Jawa Timur yang sedang dia pimpin saat ini bisa menjadi percontohan di sepak bola nasional.

"Yang penting saat ini prestasi, khususnya Piala Presiden, sudah berada di Jawa Timur. Jadi, sebisa mungkin (suporter) tertib dan damai," ujar Khofifah.

Mantan Menteri Sosial RI itu juga mengingatkan agar di saat pertandingan nanti, baik di Surabaya maupun Malang, bisa berjalan dengan aman. 

Ia tidak ingin sampai terjadi baku hantam dan jatuh korban, seperti kasus-kasus yang pernah terjadi sebelumnya di gelaran sepak bola nasional.

Baca juga: Kalteng Putra Vs Arema, Menang Lagi, Singo Edan Lolos ke Final

"Salam Satu Nyali untuk Bonek, Salam Satu Jiwa untuk Aremania," kata Khofifah di hadapan puluhan ribu penonton Konser Slank dan Ngaji Kebangsaan.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X