Penggelapan Pajak, Ronaldo Dikalahkan Media Jerman di Pengadilan

Kompas.com - 05/04/2019, 10:49 WIB
Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo, merayakan gol yang dicetaknya pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions pada laga Juventus vs Atletico Madrid di Stadion Juventus, Selasa (12/3/2019) atau Rabu dini hari WIB. MARCO BERTORELLO/AFPPenyerang Juventus, Cristiano Ronaldo, merayakan gol yang dicetaknya pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions pada laga Juventus vs Atletico Madrid di Stadion Juventus, Selasa (12/3/2019) atau Rabu dini hari WIB.
Penulis Alsadad Rudi
|

KOMPAS.com - Bintang Juventus, Cristiano Ronaldo, diputuskan kalah di pengadilan dari media Jerman, Der Spiegel, terkait dugaan kasus penggelapan pajak yang pernah dilakukannya.

Der Spiegel pernah menerbitkan rincian kegiatan keuangan Ronaldo dan dugaan penggelapan pajak yang dilakukannya. Majalah ini mengeluarkan siaran pers dengan mereka merinci semua proses yang berlangsung sejak 2016, tepatnya ketika Ronaldo masih bermain di Real Madrid.

Ronaldo memang sempat berurusan dengan otoritas pajak Spanyol atas kasus menyembunyikan pendapatan yang diperoleh dari hak gambar melalui perusahaan cangkang di Swiss dan Kepulauan Virgin Britania Raya.

Baca juga: Ronaldo Didenda Rp 304,05 Miliar atas Kasus Penggelapan Pajak

Seperti dilansir Mirror, Ronaldo dikabarkan telah mengaku bersalah atas penggelapan pajak pendapatan hingga 14,7 juta euro (Rp 237,7 miliar).

Setelah mengaku bersalah, Ronaldo pun mendapatkan penangguhan atas hukuman penjara selama 23 bulan. Sebab, di Spanyol, seorang narapidana tidak akan dikirim ke penjara untuk menjalani hukuman di bawah dua tahun.

Akan tetapi, Ronaldo tetap harus membayar denda senilai 18,8 juta euro atau setara Rp 304,05 miliar kepada otoritas Spanyol.

"Semuanya sempurna," kata Ronaldo kepada wartawan saat meninggalkan pengadilan di Madrid.

Baca juga: Penggelapan Pajak, Mourinho Divonis Penjara 1 Tahun

Ronaldo bukan satu-satunya pesepak bola di Spanyol yang harus menjalani hukuman karena kasus penggelapan pajak. Sebelumnya, megabintang Barcelona, Lionel Messi, juga pernah terseret kasus yang sama pada 2017.

Hal yang sama juga menimpa gelandang Arsenal, Mesut Oezil, dan mantan pelatih Manchester United, Jose Mourinho. Seperti Ronaldo, keduanya juga pernah berkarier di Real Madrid.

Melalui pengacaranya, Oezil dan Mourinho juga sempat berurusan dengan Der Spiegel. Namun, mereka tidak mempertanyakan validitas laporan dan informasi yang diterbitkan, tetapi menuduh menggunakan sejumlah dokumen yang diperoleh secara ilegal.



Sumber Marca,AS
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X