Jumlah Peserta dan Format Terbaru Piala Dunia Antarklub Mulai 2021

Kompas.com - 05/04/2019, 07:26 WIB
Para pemain Real Madrid merayakan gelar juara Piala Dunia Antarklub seusai mengalahkan Al Ain di Stadion Zayed Sports City, Abu Dhabi, 22 Desember 2018. AFP/GIUSEPPE CACACEPara pemain Real Madrid merayakan gelar juara Piala Dunia Antarklub seusai mengalahkan Al Ain di Stadion Zayed Sports City, Abu Dhabi, 22 Desember 2018.

KOMPAS.com - FIFA telah memutuskan mengubah format Piala Dunia Antarklub mulai 2021 mendatang.

Bila selama ini turnamen tersebut hanya diikuti tujuh tim, maka pada masa mendatang akan bertambah jumlahnya menjadi 24 tim.

Piala Dunia Antarklub direncanakan tidak akan lagi jadi turnamen tahunan seperti saat ini, tetapi empat tahunan layaknya Piala Dunia.

Waktu berlangsungnya turnamen dilakukan pada Juni-Juli, mengambil slot Piala Konfederasi yang akan dihapuskan.

Baca juga: Peserta Piala Dunia Antarklub Ditambah pada 2021

Sebanyak 24 tim yang mengikuti Piala Dunia Antarklub akan dibagi menjadi delapan grup yang tiap grupnya terdiri atas tiga tim. Hanya juara grup yang akan lolos ke perempat final.

Jadi, setiap tim akan bermain minimal dua pertandingan dan maksimal lima pertandingan bagi yang mencapai final.

FIFA belum mengonfirmasi susunan yang tepat dari turnamen tersebut, tetapi diyakini bahwa mereka ingin melihat alokasi yang mirip dengan Piala Dunia.

Disebutkan bahwa 24 tim peserta Piala Dunia Antarklub akan terdiri atas delapan tim Eropa, enam dari Amerika Selatan, masing-masing tiga dari Afrika, Asia dan Amerika Utara/Tengah dan satu dari Oseania.

FIFA disebut sebenarnya menginginkan 12 klub Eropa, tetapi mengubah alokasi setelah adanya penentangan dari UEFA soal penyelenggaraan turnamen ini.

Baca juga: Asosiasi Klub Eropa Tolak Piala Dunia Antarklub 24 Tim

Kualifikasi untuk kompetisi belum dikonfirmasi, tetapi Reuters melaporkan tahun lalu bahwa kemungkinan akan memperhitungkan kinerja tim dalam turnamen kontintental dalam empat musim terakhir.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber GOAL
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X