Jumlah Peserta dan Format Terbaru Piala Dunia Antarklub Mulai 2021

Kompas.com - 05/04/2019, 07:26 WIB
Para pemain Real Madrid merayakan gelar juara Piala Dunia Antarklub seusai mengalahkan Al Ain di Stadion Zayed Sports City, Abu Dhabi, 22 Desember 2018. AFP/GIUSEPPE CACACE Para pemain Real Madrid merayakan gelar juara Piala Dunia Antarklub seusai mengalahkan Al Ain di Stadion Zayed Sports City, Abu Dhabi, 22 Desember 2018.

KOMPAS.com - FIFA telah memutuskan mengubah format Piala Dunia Antarklub mulai 2021 mendatang.

Bila selama ini turnamen tersebut hanya diikuti tujuh tim, maka pada masa mendatang akan bertambah jumlahnya menjadi 24 tim.

Piala Dunia Antarklub direncanakan tidak akan lagi jadi turnamen tahunan seperti saat ini, tetapi empat tahunan layaknya Piala Dunia.

Waktu berlangsungnya turnamen dilakukan pada Juni-Juli, mengambil slot Piala Konfederasi yang akan dihapuskan.

Baca juga: Peserta Piala Dunia Antarklub Ditambah pada 2021

Sebanyak 24 tim yang mengikuti Piala Dunia Antarklub akan dibagi menjadi delapan grup yang tiap grupnya terdiri atas tiga tim. Hanya juara grup yang akan lolos ke perempat final.

Jadi, setiap tim akan bermain minimal dua pertandingan dan maksimal lima pertandingan bagi yang mencapai final.

FIFA belum mengonfirmasi susunan yang tepat dari turnamen tersebut, tetapi diyakini bahwa mereka ingin melihat alokasi yang mirip dengan Piala Dunia.

Disebutkan bahwa 24 tim peserta Piala Dunia Antarklub akan terdiri atas delapan tim Eropa, enam dari Amerika Selatan, masing-masing tiga dari Afrika, Asia dan Amerika Utara/Tengah dan satu dari Oseania.

FIFA disebut sebenarnya menginginkan 12 klub Eropa, tetapi mengubah alokasi setelah adanya penentangan dari UEFA soal penyelenggaraan turnamen ini.

Baca juga: Asosiasi Klub Eropa Tolak Piala Dunia Antarklub 24 Tim

Kualifikasi untuk kompetisi belum dikonfirmasi, tetapi Reuters melaporkan tahun lalu bahwa kemungkinan akan memperhitungkan kinerja tim dalam turnamen kontintental dalam empat musim terakhir.

Menurut Associated Press, setiap konfederasi juga diizinkan untuk memutuskan seperti apa proses kualifikasinya.

Perwakilan UEFA mungkin akan ditarik dari pemenang Liga Champions (berpotensi ditambah runner-up) dan pemenang Liga Europa. Sedangkan dari Conmebol akan diambil dari para pemenang Copa Libertadores.

Format baru Piala Dunia Antarklub mendapat penentangan dari UEFA dan Asosiasi Klub Eropa (ECA). Mereka memiliki pandangan bahwa kalender dan kompetisi pertandingan internasional saat ini telah disepakati hingga 2024.

Walau demikian, Presiden FIFA Gianni Infantino menekankan bahwa diskusi yang berkaitan dengan turnamen ini masih berlangsung.

Presiden FIFA, Gianni Infantino, menjalani konferensi pers tentang Video Assistant Referees (VAR), atau Teknologi video tayangan ulang, di Stadion San Nicola, Bari, 2 September 2016.ALBERTO PIZZOLI/AFP Presiden FIFA, Gianni Infantino, menjalani konferensi pers tentang Video Assistant Referees (VAR), atau Teknologi video tayangan ulang, di Stadion San Nicola, Bari, 2 September 2016.

"Kami memiliki tanggung jawab untuk mengambil keputusan untuk FIFA dan kami mengambil keputusan. FIFA telah memutuskan dan kami harus bergerak," kata pria asal Italia itu.

Menurut Infantino, UEFA sempat menunjukkan ketidaksetujuan. Hal itu lantaran pertentangan kepentingan antara liga, klib, dan pemain di Eropa lebih rumit dibandingkan benua lain. 

"Akan tetapi, kami sudah melakukan dialog. Lagi pula, kita di sepak bola, dan di sepak bola kita tidak berperang satu sama lain. Jadi saya yakin UEFA dan semua klub Eropa bisa melakukan kerja sama yang bermanfaat demi masa depan," tutur Infantino.




Close Ads X