Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia Open, Wahyu/Ade Kalah secara Tragis dari Pasangan China

Kompas.com - 04/04/2019, 17:17 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

KOMPAS.com — Ganda putra Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso gagal melangkah ke perempat final turnamen bulu tangkis Malaysia Open 2019. Perjalanan mereka dihentikan pasangan China, Liu Cheng/Zhang Nan.

Dalam pertandingan kedua di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (4/4/2019), itu Wahyu/Ade kalah rubber game 17-21, 21-18, 23-25. Hasil ini membuat Wahyu/Ade belum bisa menang atas Liu/Zhang dalam dua pertemuan mereka.

Baca Juga: Malaysia Open 2019, Marcus/Kevin Melangkah ke Perempat Final

Dengan demikian, Wahyu/Ade gagal mengikuti jejak dua ganda putra Tanah Air yang sudah lebih dulu lolos ke perempat final turnamen level Super 750 ini. Sebelumnya, unggulan utama Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan unggulan keenam, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, sudah menyegel tiket babak delapan besar.

Jalannya pertandingan

Hasil yang diraih Wahyu/Ade ini terbilang tragis. Bagaimana tidak, mereka sudah di ambang pintu perempat final karena memimpin cukup jauh menjelang akhir gim ketiga. Sayang, Wahyu/Ade tak bisa menyelesaikannya sehingga dipaksa setting dan berujung kekalahan.

Pada gim pertama, Liu/Zhang nyaris tak tersentuh dalam pengumpulan poin. Setelah skor sempat imbang 1-1, 2-2 dan 3-3, pasangan China ini terus menjauh dan unggul 11-9 saat interval. Kemudian, mereka tak terbendung untuk menang 21-17.

Baca Juga: Malaysia Open 2019, Tontowi/Winny Menangi Perang Saudara

Gim kedua, giliran Wahyu/Ade yang bermain sangat impresif sehingga perolehan poin mereka tak pernah bisa dikejar lawan. Setelah unggul 11-9 saat interval, Wahyu/Ade sempat menjauh dengan keunggulan 18-11. Liu/Zhang sempat mendekat dan membuat skor 15-18, tetapi Wahyu/Ade bisa mengakhirinya dengan kemenangan 21-18 sekaligus memaksa rubber game.

Gim penentuan berlangsung sangat ketat. Pada awal gim ini, Wahyu/Ade sempat unggul 7-3, tetapi Liu/Zhang bisa menyusul dan menyamakannya menjadi 11-11, kemudian 12-12.

Setelah itu, Wahyu/Ade bisa menjauh dan unggul 19-15. Sayang, dua angka terakhir tak bisa mereka raih saat unggul empat poin. Justru lawan bisa menyusul dan lebih dulu mencapai match point 20-19 sebelum Wahyu/Ade memaksa adu setting, yang berakhir dengan skor 25-23 untuk Liu/Zhang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com