Rasisme di Serie A, Para Bintang Kulit Hitam Ramai-ramai Kecam Bonucci

Kompas.com - 04/04/2019, 07:05 WIB
Bek Juventus, Leonardo Bonucci, bergembira setelah mencetak gol pembuka pada pertandingan Liga Italia antara Cagliari vs Juventus pada Selasa (2/4/2019). Marco BERTORELLO / AFPBek Juventus, Leonardo Bonucci, bergembira setelah mencetak gol pembuka pada pertandingan Liga Italia antara Cagliari vs Juventus pada Selasa (2/4/2019).
Penulis Alsadad Rudi
|

KOMPAS.com - Para bintang kulit hitam ramai-ramai mengecam bek Juventus, Leonardo Bonucci, atas komentarnya terkait kasus rasisme yang kembali terjadi Serie A Liga Italia.

Penyerang muda Juventus, Moise Kean, diketahui menjadi korban pelecehan rasial pendukung Cagliari saat laga kedua tim di Sardegna Arena, Cagliari, Selasa (2/4/2019) atau Rabu dini hari WIB.

Laga dimenangkan Juve dengan skor 2-0. Kedua gol dicetak Kean. Usai mencetak gol, Kean berselebrasi di hadapan pendukung tuan rumah yang mengejeknya. Bonucci diketahui menyalahkan Kean atas tindakannya itu.

Baca juga: Cagliari Vs Juventus, Ejekan Rasial Saat Pertandingan Kembali Terjadi

Sikap Bonucci ini mendapat kecaman salah satunya dari gelandang Manchester City, Raheem Sterling. Pemain Inggris yang juga pernah mendapat perlakuan serupa itu mem-posting sebuah kalimat di akun media sosialnya sebagai respons atas komentar Bonucci.

"Kalian semua bisa tertawa sekarang," tulis Sterling untuk menunjukkan betapa kurangnya pemahaman Bonucci tentang isu rasial di sepak bola.

Kecaman kepada Bonucci juga datang dari penyerang Marseille, Mario Balotelli. Pemain tim nasional Italia dari keluarga imigran itu menyebut Bonucci seharusnya membela Kean.

"Katakan kepada Bonucci bahwa dia beruntung saya tidak ada di sana. Dia seharusnya membela Anda (Kean) daripada melakukan ini (menyalahkan)," kata Balo.

Sementara itu, mantan pemain Barcelona dan Man City, Yaya Toure, menilai ucapan Bonucci adalah skenario terburuk yang bisa Anda miliki dalam sepak bola.

"Rekan setim Anda diserang dan Anda mengatakan hal-hal seperti itu. Anda bisa membayangkan betapa sakitnya saya ketika melihat hal ini terjadi. Kita harus melakukan sesuatu untuk bergerak sesegera mungkin," kata Toure.

"Saya tidak ingin memahami apa yang dikatakan (Bonucci) karena itu tidak menghormati rekan setimnya. Saya tidak ingin bersikap kasar dengannya, tetapi jika dia rekan setim saya, dia akan merasakan saya hari ini," ucap mantan pemain timnas Pantai Gading itu.

Usai laga Cagliari vs Juventus, Bonucci sempat menilai selebrasi Kean sebagai aksi provokasi. Ia menilai, ketimbang melakukan itu, Kean sebaiknya merayakan gol bersama rekan-rekan setimnya.

"Ada ejekan rasial setelah gol itu, Blaise (Blaise Matuidi, pemain Juve yang juga berkulit hitam) mendengarnya dan marah. Saya pikir kesalahannya 50-50 karena Moise seharusnya tidak melakukan itu dan Curva (pendukung Cagliari) seharusnya tidak bereaksi seperti itu," kata Bonucci kepada Sky Sport Italia.

"Kita adalah adalah para profesional. Kita harus memberikan contoh dan tidak memprovokasi siapa pun," ujar pemain timnas Italia itu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X