Yamaha Pernah Pakai Winglet Seperti yang Digunakan Ducati di Qatar

Kompas.com - 29/03/2019, 18:00 WIB
Maverick Vinales start terdepan di seri perdana MotoGP 2019 di Losail, Qatar Twitter/MaverickVinalesMaverick Vinales start terdepan di seri perdana MotoGP 2019 di Losail, Qatar

KOMPAS.com - Pebalap Yamaha, Maverick Vinales, mengakui bahwa timnya juga pernah menggunakan winglet seperti yang dipakai Ducati.

Tim Mission Winnow Ducati sempat menuai protes dari empat tim lain, yakni Repsol Honda, Suzuki Ecstar, KTM, dan Aprilia, karena menggunakan winglet saat menjalani balapan di MotoGP Qatar, 11 Maret 2019.

Mereka menuding Ducati menggunakan perangkat itu untuk mendinginkan ban dan menimbulkan efek lain selama balapan di Qatar.

Yamaha menjadi satu-satunya tim pabrikan yang tidak memprotes penggunaan winglet pada motor Desmosedici milik Ducati.

Vinales menyatakan bahwa Yamaha juga pernah menggunakan perangkat serupa saat menjalani latihan bebas di MotoGP Austria 2018.

Baca juga: Dovizioso Akui MotoGP Argentina Bakal Berlangsung Ketat dan Sengit

Menurut Maverick Vinales, Yamaha kala itu menggunakan perangkat tersebut karena ingin menghalangi air agar tidak langsung terciprat di ban belakangnya.

Kala itu, sesi FP1 dan FP2 MotoGP Austria 2018 memang berlangsung dalam kondisi basah setelah hujan lebat.

"Apa yang kami pakai (saat itu di sesi latihan bebas MotoGP Austria 2018) karena hujan," kata Vinales yang dikutip BolaSport.com dari Crash.

"Saat itu, tujuannya adalah untuk menyingkirkan air sebelum menghantam ban dan menghindari aquaplaning," ujar Vinales menambahkan.

Baca juga: Dua Pebalap Yamaha Diprediksi Akan Kesulitan pada MotoGP 2019

Vinales juga mengaku ragu apakah perangkat Yamaha bisa berguna saat melaju di lintasan kering seperti milik Ducati.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber BolaSport
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X