Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/03/2019, 11:02 WIB

KOMPAS.com - Mantan pelatih Manchester United, Louis Van Gaal, mengungkapkan bahwa kesuksesan yang diraih Ole Gunnar Solskjaer saat ini tak lepas dari andil Jose Mourinho.

Ole Gunnar Solskjaer saat ini berstatus pelatih interim alias sementara. Dia mengambil alih tim dari Jose Mourinho pada Desember 2018.

Sejak saat itu, Solskjaer berhasil menggenggam 14 kemenangan dari 19 laga. Mantan penyerang Manchester United itu juga berhasil memangkas jarak 11 poin yang disisakan Mourinho saat pemecatannya.

Baca Juga: Belok ke PSG, Gelandang Manchester United Bisa Naik Gaji Fantastis

Kini Man United duduk di peringkat keempat Liga Inggris dan sanggup lolos ke babak delapan besar Liga Champions musim 2018-2019.

Namun, dilansir BolaSport.com dari Mirror, Louis Van Gaal mengungkapkan bahwa catatan impresif yang ditorehkan Solskjaer merupakan hasil keringat Mourinho. Selain itu, pelatih yang menukangi Man United pada 2014-2016 ini mengatakan bahwa pujian yang kini didapat Solskjaer harusnya juga diarahkan kepada Mourinho.

"Pelatih setelah saya (Mourinho) mengganti taktik parkir bus dan bermain serangan balik," ujar pria asal Belanda ini.

"Sekarang, ada pelatih lain yang melakukan taktik parkir bus dan memainkan serangan balik, perbedaan antara Solskjaer dan Mourinho adalah jumlah kemenangan."

"Tetapi permainan yang ditunjukkan United sekarang bukanlah cara bermain yang ditunjukkan oleh Sir Alex Ferguson, itu adalah permainan bertahan, permainan serangan balik."

Baca Juga: 5 Momen Terbaik Louis van Gaal Bersama Manchester United

"Jika Anda menyukainya, tentu Anda menyukainya. Jika Anda pikir itu lebih menarik daripada permainan menyerang saya yang membosankan itu tak apa, tetapi sebenarnya gaya main itu bukan ciri khas saya."

Menurut Van Gaal, United dapat memenangkan trofi Liga Champions, lantaran mereka memainkan sistem bertahan. Pelatih yang baru saja pensiun ini mengungkapkan bahwa itu adalah kerja keras yang ditunjukkan Mourinho.

Van Gaal dipecat dari Man United usai memenangkan Piala FA pada 2016. Pelatih berusia 67 tahun itu kemudian digantikan oleh Mourinho, yang menukangi Man United hingga Desember 2018. (Henrikus Ezra Rahardi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber BolaSport
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+