Kompas.com - 26/03/2019, 14:38 WIB
Fabio Cannavaro ketika menjadi kapten timnas Italia dan mengangkat trofi Piala Dunia 2006. FOOTIEFabio Cannavaro ketika menjadi kapten timnas Italia dan mengangkat trofi Piala Dunia 2006.

KOMPAS.com - Fabio Cannavaro terancam dipecat. Padahal, mantan kapten timnas Italia tersebut baru satu minggu menjabat sebagai pelatih timnas China.

Fabio Cannavaro ditunjuk sebagai pelatih timnas China pada 15 Maret 2019. Rintangan pertama yang harus dihadapi Cannavaro adalah turnamen persahabatan China Cup yang digelar pada jeda internasional kali ini.

Pada partai pertamanya sebagai pelatih, Cannavaro gagal membawa timnya meraih poin karena mereka kalah 0-1 dari timnas Thailand pada semifinal China Cup. Kemudian pada perebutan tempat ketiga, China lagi-lagi harus kalah 0-1 dari Uzbekistan.

Baca Juga: Alami Insiden Mirip Choirul Huda, Nyawa Bek Swiss Diselamatkan Pemain Lawan

Dua kekalahan beruntun ini membuat posisi Cannavaro sebagai pelatih timnas China dikabarkan terancam.

"Federasi Sepak Bola China belum menyatakan posisi mereka soal penunjukan pelatih timnas," ujar Cannavaro.

"Seperti yang saya bilang sebelumnya, melatih sebuah tim nasional bisa jadi tantangan besar dan semakin besar tantangannya semakin besar pula passion yang dibutuhkan."

"Jika China membutuhkan saya maka saya akan lakukan, tetapi penunjukan pelatih tak bisa dipilih hanya dalam satu hari."

Saat ini, selain sebagai pelatih timnas China, Cannavaro juga adalah pelatih klub Liga China, Guangzhou Evergrande.

Baca Juga: Fabio Cannavaro Resmi Latih Timnas China

"Kami butuh bicara tentang hal itu, tetapi jika kami tak menemukan cara yang tepat untuk kolaborasi maka saya akan terus sebagai pelatih Evergrande (saja)," ujar mantan bek Juventus ini.

Kapten timnas Italia saat juara Piala Dunia 2006 tersebut sebelumnya melatih Guangzhou Evergrande pada 2014 sampai 2015 sebelum ditunjuk kembali pada November 2017.

Timnas China menunjuk Cannavaro sebagai pelatih setelah Marcelo Lippi memutuskan hengkang usai Piala Asia Januari lalu. Saat ini Lippi masih bekerja di timnas China sebagai konsultan bagi Cannavaro. (Thoriq Az Zuhri Yunus)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.