Suporter di Zimbabwe Tewas akibat Berdesakan Masuk ke Stadion

Kompas.com - 25/03/2019, 09:30 WIB
Ilustrasi suporter yang berdesakan untuk masuk ke stadion. Suporter tertahan saat mengantre masuk stadion untuk menyaksikan laga kualifikasi Piala Afrika antara Timnas Senegal dan Madagascar, Minggu (9/9/2018).  Sedikitnya satu orang meninggal dan hampir 40 orang cedera dalam serangan sebelum pertandingan yang berakhir dengan hasil imbang 2-2.MAMYRAEL Ilustrasi suporter yang berdesakan untuk masuk ke stadion. Suporter tertahan saat mengantre masuk stadion untuk menyaksikan laga kualifikasi Piala Afrika antara Timnas Senegal dan Madagascar, Minggu (9/9/2018). Sedikitnya satu orang meninggal dan hampir 40 orang cedera dalam serangan sebelum pertandingan yang berakhir dengan hasil imbang 2-2.

KOMPAS.com - Seorang suporter sepak bola di Zimbabwe dilaporkan tewas akibat berdesakan saat akan masuk ke stadion.

Peristiwa itu terjadi jelang pertandingan Kualifikasi Piala Afrika antara tim nasional Zimbabwe melawan Kongo-Brazzaville di Stadion Olahraga Nasional Zimbabwe di Harare, Minggu (24/3/2019) waktu setempat.

Baca juga: Berdesakan, Pingsan, hingga Anak Kecil Menangis di Launching Persib

Sebelum laga tersebut, massa pendukung tuan rumah memaksa masuk ke dalam stadion. Menurut BBC, Federasi Sepak Bola Zimbabwe mengonfirmasi setelah pertandingan ada seorang suporter perempuan yang tewas.

Belum ada rincian lebih lanjut tentang identitas atau penyebab kematian suporter tersebut.

Terlepas dari tragedi yang dilaporkan, pertandingan masih berjalan. Timnas Zimbabwe menang 2-0 dan memastikan lolos ke Piala Afrika 2019 di Mesir.

Foto kiri: Penonton yang memadati menara untuk menyaksikan pertandingan Nigeria vs Mesir pada kualifikasi Grup G Piala Afrika, Jumat (25/3/2016). Foto kanan: penonton nekat menyaksikan pertandingan dari tiang lampu bertegangan tinggi.BEIN SPORTS Foto kiri: Penonton yang memadati menara untuk menyaksikan pertandingan Nigeria vs Mesir pada kualifikasi Grup G Piala Afrika, Jumat (25/3/2016). Foto kanan: penonton nekat menyaksikan pertandingan dari tiang lampu bertegangan tinggi.

Kebiasaan berdesak-desakan masuk ke stadion hingga jumlah penonton yang melebihi kapasitas memang kerap terjadi di Afrika.

Pada 2016 silam di Nigeria, para penonton membeludak hingga memenuhi tiang lampu penerangan stadion saat menyaksikan pertandingan antara timnas Nigeria vs Mesir pada kualifikasi Grup G Piala Afrika.




Close Ads X