Myanmar Vs Indonesia, Menanti Debut Simon McMenemy

Kompas.com - 24/03/2019, 20:00 WIB
Wawancara pelatih asal Skotlandia, Simon McMenemy, di Kantor PSSI, Jakarta, Kamis (31/1/2019). Simon didapuk menjadi pelatih tim nasional Indonesia, salah satu target yang diberikan PSSI adalah membawa timnas Indonesia menjadi juara di Piala AFF 2020.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Wawancara pelatih asal Skotlandia, Simon McMenemy, di Kantor PSSI, Jakarta, Kamis (31/1/2019). Simon didapuk menjadi pelatih tim nasional Indonesia, salah satu target yang diberikan PSSI adalah membawa timnas Indonesia menjadi juara di Piala AFF 2020.

KOMPAS.com - Simon McMenemy akan melakoni debut sebagai pelatih timnas Indonesia di laga resmi, Senin (25/03/2019).

Timnas Myanmar akan menjadi lawan pertama Indonesia di bawah asuhan McMenemy. Laga uji coba yang termasuk dalam kategori FIFA Match Day ini akan digelar di Stadion Mandala Thiri, Mandalay, Myanmar.

Simon McMenemy mengaku sangat antusias melakoni laga debutnya kali ini. Selain mengincar kemenangan, dia juga akan menggunakan laga melawan Myanmar sebagai evaluasi performa para pemainnya.

"Saya menantikan laga esok. Saya pikir akan menjadi suatu ujian yang bagus untuk kami melihat hasil dari latihan kami sejauh ini. Melawan Myanmar menjadi laga pertama bagi saya, maka evaluasi tentang memahami bagaimana para pemain sangat penting," kata Simon McMenemy dikutip dari situs web PSSI, Minggu (24/03/2019).

Baca juga: Pujian Greg Nwokolo soal Gaya Melatih Modern ala Simon McMenemy

Lebih lanjut, Simon hanya berharap para pemainnya bisa menerjemahkan keinginannya di lapangan.

"Hasil laga nanti sangat penting, tetapi lebih penting tentang proses membangun tim saat ini, dan proses menuju kualifikasi Piala Dunia dan Piala Asia pada akhir tahun ini," ujar Simon.

"Maka lebih baik kami menghadapi laga ini dengan bijak. Karena yang terpenting adalah bagaimana kami bermain dan apakah kami melakukan hal yang benar untuk kualifikasi akhir tahun ini," ujar pelatih asal Skotlandia ini menambahkan.

Sebenarnya, Simon sudah tiga kali mendampingi Indonesia pada laga uji coba. Hal itu dilakukan di tengah-tengah pemusatan latihan di Australia dan Bali sejak 6 Maret.

Baca juga: Bocoran Strategi Simon McMenemy saat Timnas Indonesia Dijamu Myanmar

Hanya, tiga laga uji coba itu bukan termasuk kategori FIFA Match Day. Hasilnya, Indonesia meraih dua kemenangan dan sekali imbang.

Dua kemenangan itu diraih atas Perth Glory (3-1) dan State League All Stars (5-1), sedangkan hasil imbang didapatkan saat melawan Bali United (1-1).

Selama lebih dari dua pekan melakukan pemusatan latihan, Simon telah memanggil total 28 pemain. Namun, hanya 22 pemain yang dibawa saat tiba di Myanmar, Jumat (22/03/2019).

Menarik untuk menantikan kiprah Simon di timnas Indonesia kali ini. Pasalnya, Simon mengaku akan mencoba berbagai taktik, termasuk menggunakan formasi klasik 4-4-2 diamond sebagai dasar.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X