Tak Lagi Tangani Timnas, Fictor Roring Diminta Fokus ke Pelita Jaya

Kompas.com - 24/03/2019, 17:30 WIB
Pelatih timnas bola basket Indonesia, Fictor Roring.ERLY BAHTIAR/BOLA/BOLASPORT.COM Pelatih timnas bola basket Indonesia, Fictor Roring.

BANDUNG, KOMPAS.com - Fictor Gideon Roring sudah dipastikan tak lagi memegang jabatan sebagai pelatih tim nasional bola basket putra Indonesia. Pria asal Manado, Sulawesi Utara, itu diminta lebih fokus menangani Pelita Jaya Basketball.

Ito, sapaan akrab Fictor, sebelumnya merangkap dua jabatan sekaligus, yakni melatih timnas basket putra dan Pelita Jaya yang berkompetisi pada ajang Indonesian Basketball League (IBL).

Baca juga: Indonesia Vs Vietnam, Riedl Sebut Level Garuda Muda dan Lawan Mirip

Jabatan pelatih timnas basket putra pun akan segera diserahkan kepada Wahyu Widayat Jati atau biasa dipanggil Cacing yang juga merupakan juru taktik klub NSH Jakarta.

"Berdasarkan informasi dari Ketua BTN (Badan Tim Nasional) Pak Eda (Syailendra Bakrie) yang juga orang Pelita Jaya, ia meminta coach Ito untuk fokus ke Pelita Jaya," kata Manajer Timnas Basket Putra, Fareza Tamrella, saat ditemui di GOR C-Tra Arena, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (23/3/2019).

"Jadi, untuk IBL tahun depan, diharapkan Coach Ito lebih meluangkan banyak waktu di klub," tutur dia menambahkan.

Jika dibandingkan dengan musim lalu, pencapaian Pelita Jaya pada musim ini memang menurun.

Musim lalu, Pelita Jaya merupakan runner-up. Namun tahun ini, mereka sudah tersingkir sejak babak play-off setelah dikalahkan Pacific Caesar Surabaya.

Baca juga: Satria Muda Diharapkan Petik Pelajaran Berharga dari Final IBL

Fareza menuturkan, mengacu kepada Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan PP Perbasi, Ito memang hanya diproyeksikan untuk melatih timnas dari Asian Games 2018 hingga Pra-Kualifikasi FIBA Asia 2021.

Selanjutnya, kata Fareza, Perbasi akan segera mengeluarkan SK baru terkait penunjukkan Cacing sebagai pelatih timnas basket putra yang baru.

Kehadiran Cacing yang pada musim ini mampu mengangkat performa NSH Jakarta diharapkan bisa mendatangkan prestasi pula bagi timnas pada SEA Games 2019 mendatang.




Close Ads X