Indonesia Vs Vietnam, Riedl Sebut Level Garuda Muda dan Lawan Mirip

Kompas.com - 24/03/2019, 15:27 WIB
Ovaldo Haay dkk berlatih jelang laga Timnas U-23 Indonesia vs Thailand dalam babak kualifikasi Piala Asia U-23 2020 di Stadion My Dinh, 21 Maret 2019. VNEXPRESS/BINH LAM Ovaldo Haay dkk berlatih jelang laga Timnas U-23 Indonesia vs Thailand dalam babak kualifikasi Piala Asia U-23 2020 di Stadion My Dinh, 21 Maret 2019.

KOMPAS.com - Pelatih asal Austria, Alfred Riedl, menjabarkan kelemahan timnas U-23 Vietnam yang bisa dimanfaatkan Indonesia.

Vietnam dan Indonesia akan bentrok pada laga kedua Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 di Stadion My Dinh, Minggu (24/3/2019).

Riedl yang merupakan mantan pelatih timnas Indonesia menilai peluang Garuda Muda menang pada laga nanti menjadi semakin besar jika bisa mematikan pergerakan Quang Hai.

"Saya telah mengagumi bakat Quang Hai selama lebih dari setahun. Namun, itu bukan kabar baik bagi sepak bola Vietnam," ujar Alfred Riedl dikutip BolaSport.com dari situs web Bongda.

"Anda tidak harus bergantung pada seorang superstar, tetapi mengabaikan kekuatan kolektif. Tentu saja, seluruh tim akan mengingat penampilannya, tetapi Anda tidak harus terlalu bergantung kepadanya," ujar Riedl menambahkan.

Baca juga: Menpora Percaya Timnas U-23 Indonesia Akan Bangkit dan Kalahkan Vietnam

Terlepas dari penilaian individu, Riedl menilai kedua tim sebenarnya punya kekuatan yang relatif berimbang. Untuk itu, perang strategi dan kesalahan individu bisa menjadi penentu hasil akhir.

" Timnas U-23 Indonesia baru saja menerima kekalahan 0-4 dari Thailand," ujar Alfred Riedl.

"Namun, terus terang level mereka dengan timnas U-23 Vietnam sangat mirip, pertandingan malam ini akan sangat menarik, dan itu sulit diprediksi siapa yang menang," tutur Alfred Riedl.

Baca juga: Mental Timnas U-23 Indonesia Telah Kembali dan Siap Kalahkan Vietnam

Saat ini, Indonesia tertahan di Grup K tanpa koleksi poin. Indonesia hanya unggul selisih gol atas Brunei di dasar klasemen dan tertinggal tiga angka dari Vietnam dan Thailand yang menempati posisi dua teratas.

Kondisi ini membuat Indonesia diwajibkan mengalahkan Vietnam jika ingin menjaga peluang lolos ke babak utama Piala Asia U-23 2020.

Namun, jika kalah, Indonesia sudah diapastikan gugur meski pada laga terakhir bisa mengalahkan Brunei. (Metta Rahma Melati)




Close Ads X