Prediksi Superkomputer, Liverpool Gagal, Siapa Juara Liga Inggris Musim Ini?

Kompas.com - 23/03/2019, 10:00 WIB
Para pemain Liverpool merayakan gol bersama Jordan Henderson dan beberapa pemain lain dalam laga Liverpool vs Newcastle United pada pertandingan pekan ke-19 Premier League Liga Inggris, 26 Desember 2018. AFP/PAUL ELLIS Para pemain Liverpool merayakan gol bersama Jordan Henderson dan beberapa pemain lain dalam laga Liverpool vs Newcastle United pada pertandingan pekan ke-19 Premier League Liga Inggris, 26 Desember 2018.

KOMPAS.com - Sebuah superkomputer terbaru Star Spreads memprediksi bahwa Liverpool tidak akan meraih gelar juara Liga Inggris musim ini.

Superkomputer tersebut melakukan prediksi poin akhir Liga Inggris berdasarkan model statistik unik. Rangkaikn perhitungannya terdiri dari variabel yang kompleks termasuk perkiraan jumlah gol, performa tim, catatan head to head, berita tim, dan masalah cedera.

"Dengan jeda internasioal saat ini, superkomputer sudah memberikan prediksi untuk Liga Inggris. Hasilnya, Manchester City akan berada di atas Liverpool, sementara tim yang naik peringkat dengan pesat ialah Leicester dan Arsenal yang akan kembali setelah istirahat," kata juru bicara Star Spreads dilansir dari Football London.

Baca juga: Kegagalan di Final Liga Champions Jadi Motivasi untuk Jordan Henderson

Dari hasil perhitungan superkomputer itu, Manchester City diprediksi akan kembali meraih gelar Liga Inggris dengan koleksi 94 poin. Sementara Liverpool menempati peringkat kedua dengan raihan 92 poin, hanya terpaut 2 poin dari Manchester City.

Perebutan posisi ketiga dan keempat terjadi dengan menarik. Superkomputer memprediksikan bahwa jarak antara peringkat ketiga dan keenam hanya empat poin saja.

Dua klub London, Tottenham Hotspurs dan Arsenal berhasil mengamankan zona Liga Champions dengan menempati peringkat ketiga dan keempat secara berurutan.

Dengan begitu, Manchester United dan Chelsea tidak akan berlaga di Liga Champions pada musim depan.

Sementara Leicester City akan menempati peringkat ke-9 dengan raihan 50 poin melewati West Ham (49 poin) dan Everton (48 poin).

Selain itu, tiga tim yang terdegradasi ke Championship adalah Cardiff City, Hudersfield Town, dan Fulham.

Berikut prediksi posisi akhir Liga Inggris menurut superkomputer Star Spreads:

  1. Manchester City: 94
  2. Liverpool: 92
  3. Tottenham: 76
  4. Arsenal: 75
  5. Manchester United: 73
  6. Chelsea: 72
  7. Wolverhampton Wanderers: 56
  8. Watford: 54
  9. Leicester City: 50
  10. West Ham United: 49
  11. Everton: 48
  12. AFC Bournemouth: 47
  13. Crystal Palace: 43
  14. Newcastle United: 42
  15. Brighton & Hove Albion: 41
  16. Southampton: 40
  17. Burnley: 36
  18. Cardiff City: 33
  19. Fulham: 23
  20. Huddersfield Town: 19




Close Ads X