Soal Polemik Ezra, Indra Sjafri Akui Konsentrasi Tim Sempat Terganggu

Kompas.com - 22/03/2019, 21:40 WIB
Timnas U-23 Indonesia berlatih di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, pada Sabtu (16/3/2019). YAN DAULAKATimnas U-23 Indonesia berlatih di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, pada Sabtu (16/3/2019).
|

KOMPAS.com - Pelatih tim nasional U-23 Indonesia, Indra Sjafri, mengakui skuadnya sempat terganggu dengan polemik yang menimpa salah satu pemainnya, Ezra Walian.

"Memang konsentrasi kami sempat terganggu, khususnya sebelum pendaftaran 23 pemain sampai tadi pagi," ujar Indra di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Jumat (22/3/2019).

Meski demikian, pelatih asal Sumatera Barat itu menampik bahwa hal itu terbawa sampai pertandingan.

Indra menegaskan, kondisi tersebut bukanlah faktor penyebab kekalahan skuad berjuluk Garuda Muda di laga Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 AFC 2020 kontra Thailand dengan skor telak 0-4.

Baca juga: Indonesia Vs Thailand, Indra Sjafri Akui Garuda Muda Tak Berkutik

"Tidak sama sekali, bukan karena soal Ezra. Banyak pemain tampil di bawah performa sebenarnya, jadi rencana pertandingan tak berjalan dengan baik," tutur Indra.

Ezra Walian, pemain naturalisasi dari Belanda, tidak diperkenankan tampil untuk tim nasional Indonesia sejak Kamis (21/3) atau sebelum laga perdana kualifikasi Piala Asia U-23 2020 AFC di Vietnam. FIFA menganggap Ezra melanggar aturan terkait perpindahan status kewarganegaraan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal itu lantaran Ezra yang dinaturalisasi pada tahun 2017 itu pernah bermain di timnas U-17 Belanda di kualifikasi Piala Eropa U-17 pada tahun 2013.

Baca juga: Menurut Statuta FIFA, Ezra Walian Tak Bisa Bela Timnas U-23 Indonesia

Ezra sendiri memutuskan untuk tetap tinggal di Vietnam demi memberikan dukungan kepada rekan-rekannya sampai kualifikasi Piala Asia U-23 AFC 2020 usai pada Selasa (26/3/2019).

Tim nasional U-23 Indonesia menelan kekalahan telak dengan skor 0-4 dari Thailand dalam laga Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 AFC 2020 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam.

Keempat gol Thailand dalam pertandingan tersebut dicetak oleh Shinnaphat Leeaoh (21'), Supachai Chaided (penalti 50', 71') dan Supachok Sarachat (74').

Hasil itu membuat Indonesia untuk sementara menjadi juru kunci atau peringkat keempat Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2020. Thailand sendiri memimpin dengan tiga poin.

Berikutnya, Indonesia akan menghadapi tuan rumah kualifikasi Vietnam pada Minggu (24/3/2019), mulai pukul 20.00 WIB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.