Kompas.com - 22/03/2019, 15:40 WIB
Ezra Walian (kanan) menyanyikan lagu kebangsaan menjelang laga SEA Games 2017 antara timnas U-22 Indonesia dan Filipina di Stadion Shah Alam, Selangor, Kamis (17/8/2017). HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLASPORTEzra Walian (kanan) menyanyikan lagu kebangsaan menjelang laga SEA Games 2017 antara timnas U-22 Indonesia dan Filipina di Stadion Shah Alam, Selangor, Kamis (17/8/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ezra Walian mengaku kecewa karena gagal membela Timnas U-23 Indonesia pada kualifikasi Piala Asia U-23 2020. Namun, dia berharap permasalahan statusnya segera beres dan bisa membela Timnas Indonesia.

Pada kualifikasi Piala Asia U-23 2020, nama Ezra Walian sebenarnya didaftarkan pelatih Indra Sjafri. Namun, pemain RKC Waalwijk urung dimainkan karena perpindahan statusnya masih belum beres sepenuhnya.

Status pemain kelahiran 22 Oktober 1997 itu bermasalah karena pernah membela Timnas U-17 Belanda pada kualifikasi Piala Eropa U-17 2014. Alasan itulah yang dipermasalahkan Vietnam sehingga Ezra tak bisa tampil.

"Tidak bisa bermain untuk Timnas Indonesia membuat Ezra kecewa karena hal itu merupakan impiannya," kata Wide Putra, manajer sang pemain, ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (22/3/2019) siang.

Baca juga: Dukungan dari Bintang Timnas Thailand untuk Ezra Walian

Kendati demikian, Wide juga Ezra yakin masih bisa membela Timnas Indonesia. Kegagalan membela Timnas U-23 Indonesia lebih karena permasalahan administrasi karena pemain paling lambat didaftarkan 6 jam sebelum laga pertama.

Indonesia akan bermain menghadapi Thailand pada laga pertama, Jumat pukul 17.00 WIB. Karena itu, nama Ezra harus sudah didaftarkan pada pukul 11.00 WIB.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

PSSI juga tengah berupaya melakukan banding soal status Ezra. Hal itu dikatakan Sekjen Ratu Tisha Destria.

“Kami menghormati keputusan FIFA. Namun, kita masih punya peluang untuk challenge terkait status Ezra,” ucap Ratu Tisha pada situs web resmi PSSI.

Baca juga: Ezra Walian Masih Punya Peluang untuk Bela Timnas Indonesia...

Hal serupa juga menjadi keinginan Ezra. Dia berharap permasalahan statusnya segera beres sehingga bisa membela Timnas Indonesia.

"Ezra sangat ingin dan berharap bisa membela Timnas Indonesia," ucap Wide melanjutkan.

"Saat ini, dia akan tetap berada di Vietnam menemani tim. Dia juga akan selalu mendukung Timnas Indonesia bermain dari tribune," tuturnya.

Jadwal siaran langsung laga Timnas U-23 Indonesia vs Thailand adalah pada pukul 17.00 WIB. RCTI akan menyiarkan laga tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.