Ezra Walian Masih Punya Peluang untuk Bela Timnas Indonesia...

Kompas.com - 22/03/2019, 12:58 WIB
Pesepak bola Timnas U-22 Indonesia Ezra Walian (kanan) menggiring bola melewati tiga pesepak bola Timnas U-22 Myanmar pada laga perebutan medali perunggu sepak bola SEA Games XXIX di Stadion Majlis Perbandaran Selayang, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (29/8/2017). Timnas sepak bola U-22 Indonesia menyumbang medali perunggu setelah menang 3-1 atas Myanmar.ANTARA FOTO / SIGID KURNIAWAN Pesepak bola Timnas U-22 Indonesia Ezra Walian (kanan) menggiring bola melewati tiga pesepak bola Timnas U-22 Myanmar pada laga perebutan medali perunggu sepak bola SEA Games XXIX di Stadion Majlis Perbandaran Selayang, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (29/8/2017). Timnas sepak bola U-22 Indonesia menyumbang medali perunggu setelah menang 3-1 atas Myanmar.

JAKARTA, KOMPAS.com - PSSI menghormati putusan FIFA terkait status Ezra Walian. Namun, sang pemain masih punya peluang bela Timnas Indonesia karena PSSI masih akan mengajukan banding.

“PSSI menghormati keputusan FIFA. Namun, kita masih punya peluang untuk challenge terkait status Ezra,” kata Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, Jumat (22/3/2019).

Baca juga: Menurut Statuta FIFA, Ezra Walian Tak Bisa Bela Timnas U-23 Indonesia

Ezra Walian tak bisa membela Timnas U-23 Indonesia pada kualifikasi Piala Asia U-23 2020 yang berlangsung di Vietnam mulai hari ini.

Hal itu tak lepas dari status Ezra yang pernah membela Timnas U-17 Belanda pada kualifikasi Piala Eropa U-17 2014. Dia main dua kali saat itu.

Pada pasal 5 ayat 2 Statuta FIFA, seorang pemain yang pernah membela sebuah negara pada kompetisi resmi, tidak berhak untuk membela asosiasi lain pada pertandingan internasional.

Baca juga: PSSI Hormati Putusan FIFA soal Status Ezra Walian Tak Bisa Bela Timnas

Dalam Statuta FIFA tentang status pemain yang berganti asosiasi, disebutkan bahwa pemain hanya boleh sekali berganti kewarganegaraan sehingga dia diperkenankan membela negara lain dalam pertandingan internasional. Itu pun ada syarat yang harus dipenuhi.

Pemain tersebut tidak pernah bermain di pertandingan resmi Level A bersama asosiasi sebelumnya, termasuk hanya sebagai pengganti. Apabila dia pernah bermain untuk negara lain, dia tidak berhak bermain lagi untuk asosiasi barunya

Untuk membela Timnas U-23 Indonesia di kualifikasi Piala Asia kali ini, Ezra sudah tak memungkinkan bermain. Pendaftaran pemain paling lambat adalah 6 jam sebelum laga.

Baca juga: Prediksi Susunan Pemain Timnas U-23 Indonesia Vs Thailand, Tanpa Ezra

Laga Timnas U-23 Indonesia vs Thailand akan berlangsung pukul 17.00 WIB. Dengan demikian, pendaftaran Ezra Walian paling lambat adalah pukul 11.00 WIB.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X