Neuer atau Ter Stegen, Loew Belum Tentukan Kiper Utama Timnas Jerman

Kompas.com - 20/03/2019, 09:40 WIB
Para kiper Jerman, Marc-Andre ter Stegen, Kevin Trapp, Manuel Neuer, dan Bernd Leno menjalani sesi latihan di Rungghof training center, Bolzano, Italia pada 28 Mei 2018.
AFP/MIGUEL MEDINA Para kiper Jerman, Marc-Andre ter Stegen, Kevin Trapp, Manuel Neuer, dan Bernd Leno menjalani sesi latihan di Rungghof training center, Bolzano, Italia pada 28 Mei 2018.

KOMPAS.com - Pelatih timnas Jerman, Joachim Loew, mengaku masih belum menentukan kiper utama untuk ajang kualifikasi Euro 2020.

Loew merasa Manuel Neuer (Bayern Muenchen) dan Marc-Andre ter Stegen (Barcelona) punya kemampuan yang sepadan untuk menjadi kiper utama.

"Kami masih belum menentukan siapa kiper utama. Kami masih akan menunggu hingga latihan terakhir. Saya sudah mengatakan sebelumnya, kesempatan terbuka lebar untuk siapa pun karena banyak pertandingan tahun ini," kata Loew dikutip dari situs web Goal, Rabu (20/03/2019).

"Saya juga akan berbicara dengan semua kiper sebelum menentukan pemain inti. Jadi, Ter Stegen masih punya kesempatan (menggeser Neuer)," ujar Loew menambahkan.

Saat ini, Loew masih sering dikritik karena terlalu percaya dengan Neuer daripada Ter Stegen yang dinilai lebih konsisten di Barcelona.

Baca juga: Era Baru Timnas Jerman - 3 Calon Debutan, 3 Veteran, 1 Penyerang

Kritik itu berawal dari keputusan Loew menjadikan Neuer kiper utama timnas Jerman pada Piala Dunia 2018 lalu.

Keputusan itu mengejutkan karena Neuer sebelum Piala Dunia 2018 sempat tidak bermain selama lebih dari delapan bulan karena cedera.

Hasilnya, Neuer dianggap menjadi salah satu biang terpuruknya timnas Jerman yang tersingkir di fase grup.

Setelah Piala Dunia 2018, Loew tetap mengandalkan Neuer pada ajang UEFA Nations League. Penampilan Neuer juga tidak membaik karena kebobolan tujuh gol dari empat laga Liga A Grup 1.

Timnas Jerman pada akhirnya harus terdegradasi ke Liga B setelah menjadi juru kunci di bawah Belanda dan Perancis.

Baca Juga : Sudahlah sampai di Sini Saja, Joachim Loew

Meski kerap diktritik, Loew tetap memberi kepercayaan kepada Neuer dengan kembali memanggil kedalam skuad kualfikasi Euro 2020.

Nasib Neuer jauh berbeda dari tiga rekannya di Bayern Muenchen, yakni Thomas Mueller, Mats Hummels, dan Jerome Boateng yang dicoret Loew.

Loew bahkan sudah menutup pintu untuk Mueller, Hummels, dan Boateng ke timnas Jerman selama dirinya masih melatih.

Menjadi pemain paling senior sekaligus berstatus kapten timnas Jerman kemungkinan menjadi alasan Loew mempertahankan Neuer.

Selanjutnya, timnas Jerman akan beruji coba melawan Serbia, Rabu (23/02/2019) dan menghadapi Belanda tiga hari berselang pada laga pertama kualifikasi Euro 2020 Grup C.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X