Komentar Biaggi soal Kisruh Winglet pada MotoGP

Kompas.com - 18/03/2019, 14:00 WIB
Pebalap asal Italia, Max Biaggi, sedang berada di paddock menjelang sesi latihan World Superbike Championship di Sirkuit Brno, Republik Ceko, 20 Juli 2012. AFP/RADEK MICAPebalap asal Italia, Max Biaggi, sedang berada di paddock menjelang sesi latihan World Superbike Championship di Sirkuit Brno, Republik Ceko, 20 Juli 2012.

KOMPAS.com - Mantan pebalap MotoGP, Max Biaggi, turut berkomentar soal kisruh yang terjadi karena winglet yang digunakan tim Mission Winnow Ducati. Menurut Max Biaggi, perkembangan aerodinamika di MotoGP memang kerap kali menimbulkan perdebatan.

Itu terjadi lantaran Biaggi menilai bahwa tidak ada kejelasan mengenai batas-batas antara pengembangan aerodinamika yang legal dan yang ilegal.

Baca Juga: Sederet Aspek yang Membuat Jorge Lorenzo Tidak Cocok di Repsol Honda

"Masalahnya adalah perkembangan aerodinamika selalu membuat konflik yang berkenaan dengan peraturan," kata Biaggi yang dikutip BolaSport.com dari Daily Star.

"Karena garis batas antara apa yang legal dan yang tidak legal sangat halus," ujar Biaggi menambahkan.

Biaggi juga mengungkapkan bahwa perkembangan aerodinamika tak hanya menjadi perdebatan di MotoGP saja, tetapi juga terjadi di ajang balapan Formula 1 (F1). Dia juga menilai dalam kejuaraan F1 ada perilaku yang lebih ekstrem dari para pengembang aerodinamika yaitu mencari trik-trik untuk mengelabui peraturan.

Baca Juga: CEO Aprilia Sebut Winglet Ducati pada Balapan GP Qatar Langgar Aturan

"Dalam Formula 1, kami melihat bagaimana para ahli aerodinamika dari tim yang berbeda selalu mencari celah dalam peraturan yang ada," tutur Biaggi.

"Hal itu digunakan untuk mengembangkan ide-ide baru yang bisa digunakan untuk mencari sebuah keuntungan bagi timnya masing-masing," kata dia.

Kisruh soal winglet ini muncul setelah pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, memenangi seri pembuka MotoGP 2019 di Sirkuit Losail, Qatar. Empat tim yakni Repsol Honda, Aprilia, Suzuki Ecstar dan KTM, melakukan protes lantaran Mission Winnow Ducati memakai winglet baru. Mereka mempertanyakan legalitas winglet tersebut. (Bayu Nur Cahyo)



Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X