Tanggal Kepulangan Rionny Mainaky dari Jepang ke Indonesia

Kompas.com - 15/03/2019, 16:40 WIB
Pelatih tunggal putri Indonesia, Rionny Mainaky. PBSI/Nafielah Pelatih tunggal putri Indonesia, Rionny Mainaky.

KOMPAS.com - PP PBSI akhirnya resmi mengumumkan Rionny Frederik Lambertus Mainaky ( Rionny Mainaky) sebagai pelatih kepala tunggal putri Indonesia yang baru pada Jumat (15/3/2019) siang.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Susy Susanti menyatakan, Rionny Mainaky baru akan resmi melatih Gregoria Mariska Tunjung dkk pada tanggal 1 April 2019.

Rionny saat ini masih melatih tim nasional Jepang, khususnya sektor ganda putra. Saat dihubungi Kompas.com, dia mengaku akan menangani para pebulu tangkis Negeri Matahari Terbit hingga tanggal 27 Maret 2019.

"Tanggal 27 Maret jadi hari terakhir saya melatih. Kemudian tanggal 28 Maret saya balik ke Indonesia. Harap dukungan dan suportnya," ujar Rionny.

Baca juga: PBSI Resmi Umumkan Rionny Mainaky sebagai Pelatih Tunggal Putri

"Hari ini (Jumat) saya mau ada acara perpisahan dulu di Jepang," ucap dia menambahkan.

Rionny terpilih karena dinilai berhasil mengangkat prestasi ganda putra Jepang. Ia melatih pemain Negeri Matahari Terbit sejak tahun 2010.

Salah satu bukti keberhasilan Rionny bisa dilihat dari peringkat BWF. Kini, ada dua pasangan ganda putra Jepang yang menempati urutan lima besar dunia yakni Takeshi Kamura/Keigo Sonoda (posisi ke-3) dan Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe (ke-5).

Dia juga berpengalaman menangani ganda putri, ganda campuran, tunggal putra, dan tunggal putri saat di klub Unisys Jepang.

Beberapa pemain tunggal putri Jepang yang pernah ditangani oleh Rionny di level klub yakni Nozomi Okuhara dan Sayaka Takahashi.



Close Ads X