Louis van Gaal Resmi Pensiun dari Dunia Sepak Bola

Kompas.com - 12/03/2019, 09:14 WIB
Louis van Gaal memberikan salam kepada pendukung Manchester United setelah partai kontra Bournemouth di Stadion Old Trafford, 17 Mei 2016.LINDSEY PARNABY/AFP Louis van Gaal memberikan salam kepada pendukung Manchester United setelah partai kontra Bournemouth di Stadion Old Trafford, 17 Mei 2016.

KOMPAS.com - Mantan pelatih Manchester United dan timnas Belanda, Louis van Gaal, resmi telah mengumumkan pensiun dari karier sepak bolanya.

"Saya seorang pensiunan sekarang. Saya tidak memiliki ambisi untuk menjadi direktur teknis (sepak bola) atau pakar di televisi," kata Van Gaal dalam acara TV Belanda, VTBL, seperti dikutip dari SkySports, Selasa (12/3/2019).

Sosok asal Belanda yang kini berusia 67 tahun itu mengatakan bahwa dia ingin lebih menyediakan waktu bersama keluarga, terutama untuk istrinya.

Baca juga: Van Gaal Yakin Liverpool Kalahkan Man City dalam Perebutan Gelar Juara

"Istri saya, Truus, meninggalkan pekerjaannya untuk saya 22 tahun yang lalu, dan mengikuti saya ketika saya pergi ke luar negeri. Saya mengatakan kepadanya bahwa saya akan berhenti sebagai pelatih ketika saya berusia 55 tahun, tetapi terus berjalan sampai saya berusia 65 tahun," ucap Van Gaal.

"Dia berhak memiliki kehidupan bersama saya di luar sepak bola. Bisa dibilang dia sangat bahagia," katanya.

Manchester United adalah klub terakhir yang dilatih oleh Van Gaal. Dia memenangi Piala FA selama dua musim bertugas di Old Trafford setelah tiba pada 2014.

Baca juga: Van Gaal Sarankan Barcelona Tak Bawa Neymar Kembali

Dalam karier manajerial, Van Gaal pernah melatih Ajax Amsterdam, Barcelona, timnas Belanda, AZ Alkmaar, Bayern Muenchen, dan Manchester United.

Bersama Ajax, Van Gaal berhasil mempersembahkan gelar Liga Champions pada 1994-1995 dan Piala Super Eropa (1995).

Bersama AZ Alkmaar, dia berhasil empat kali menyabet gelar juara Eredivisie. Di Barcelona, Van Gaal sukses memberi dua gelar La, satu Copa Del Rey, dan satu Piala Super Eropa.

Adapun saat di Bayern, Van Gaal mempersembahkan satu gelar juara Bundesliga dan DFB Pokal pada musim 2009-2010.



Close Ads X