Franck Ribery Cetak Rekor, Bayern Muenchen ke Puncak Klasemen

Kompas.com - 10/03/2019, 04:36 WIB
James Rodriguez dan Franck Ribery merayakan kemenangan timnya seusai laga Bayern Muenchen vs Wolfsburg di Allianz Arena dalam lanjutan Liga Jerman, 9 Maret 2019. AFP/CHRISTOF STACHE James Rodriguez dan Franck Ribery merayakan kemenangan timnya seusai laga Bayern Muenchen vs Wolfsburg di Allianz Arena dalam lanjutan Liga Jerman, 9 Maret 2019.

MUENCHEN, KOMPAS.com - Bayern Muenchen menggeser Borussia Dortmund dari puncak klasemen Bundesliga 1 - kasta teratas Liga Jerman - seusai menang atas VfL Wolfsburg dalam laga pekan ke-25, Sabtu (9/3/2019). 

Laga Bayern Muenchen vs Wolfsbrug di Allianz Arena itu berakhir dengan skor mencolok. Tuan rumah menang dengan skor 6-0. 

Enam gol kemenangan Die Roten, julukan Bayern, dicetak oleh Serge Gnabry (34'), Robert Lewandowski (37', 85'), James Rodriguez (52'), Thomas Mueller (76'), dan Joshua Kimmich (82'). 

Pada laga tersebut, dua pemain Bayern mencatat rekor. Mereka adalah Franck Ribery dan Robert Lewandowski. 

Baca juga: Hasil Liga Jerman, Bayern Geser Dortmund dari Puncak Klasemen

Franck Ribery menjadi pemain pertama sepanjang sejarah Bundesliga - sejak dimulai pencatatan data statistik personal pada 2004-2005 - yang bisa mencetak tiga assist sebagai pemain pengganti. 

Ribery yang masuk menggantikan Serge Gnabry pada menit ke-55, menjadi kreator bagi gol kedua Robert Lewandowski, Thomas Mueller, dan Joshua Kimmich. 

Lewandowski juga mencatat rekor baru. Dia menjadi pemain asing dengan jumlah gol terbanyak di Bundesliga 1, 197 gol, unggul dua gol atas eks rekan setimnya yang saat ini memperkuat Werder Bremen, Claudio Pizarro. 

Catatan unik juga dibuat Thomas Mueller. Dia memperpanjang "tuah" positif yang membuat Bayern tak pernah kalah ketika dirinya mencetak gol, menang 82 kali dan seri lima kali dari 87 pertandingan Bundesliga. 

Baca juga: Betapa Kocaknya Thomas Mueller Saat Wawancara Eksklusif...

Kemenangan telak atas Wolfsburg itu juga membuat Bayern Muenchen naik ke puncak klasemen, menggeser Borussia Dortmund. Kedua tim sama-sama mengoleksi 57 poin dari 25 laga, tetapi Die Roten unggul selisih gol. 

Dortmund pada saat bersamaan juga mencatat kemenangan di kandang ketika menjamu VfB Stuttgart. Mereka menang 3-1 di Stadion Signal Iduna Park berkat gol penalti Marco Reus (62'), Paco Alcacer (84'), dan Christian Pulisic (90').  



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X