Indra Sjafri Tidak Terlalu Tertarik dengan Pemain Naturalisasi

Kompas.com - 09/03/2019, 15:40 WIB
Pesepak bola Timnas U-22 Indonesia Ezra Walian (kanan) menggiring bola melewati tiga pesepak bola Timnas U-22 Myanmar pada laga perebutan medali perunggu sepak bola SEA Games XXIX di Stadion Majlis Perbandaran Selayang, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (29/8/2017). Timnas sepak bola U-22 Indonesia menyumbang medali perunggu setelah menang 3-1 atas Myanmar.ANTARA FOTO / SIGID KURNIAWAN Pesepak bola Timnas U-22 Indonesia Ezra Walian (kanan) menggiring bola melewati tiga pesepak bola Timnas U-22 Myanmar pada laga perebutan medali perunggu sepak bola SEA Games XXIX di Stadion Majlis Perbandaran Selayang, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (29/8/2017). Timnas sepak bola U-22 Indonesia menyumbang medali perunggu setelah menang 3-1 atas Myanmar.

KOMPAS.com - Pelatih tim nasional U-23 Indonesia Indra Sjafri, mengatakan bahwa ia tidak terlalu tertarik dengan pemain naturalisasi.
 
Saat ini, ada salah satu pemain timnas U-23 Indonesia yang dipanggil Indra Sjafri untuk mengikuti pemusatan latihan, yaitu pemain naturalisasi asal Belanda, Ezra Walian.

Namun sayangnya, Ezra belum juga bergabung di pemusatan latihan.

Baca juga: Wawancara Eksklusif, Indra Sjafri Buka-bukaan Soal Keberhasilan Timnas Juarai Piala AFF U-22

Manajemen klub Ezra asal tim kasta kedua Liga Belanda, RKC Waalwijk baru melepas pemainnya itu ke timnas U-23 pada Selasa (12/3/2019).

Indra Sjafri mengatakan bahwa Ezra statusnya bukan pemain naturalisasi lagi. Meskipun sudah lama berkiprah di Eropa, Indra Sjafri mengaku buta dengan kemampuan Ezra.

Baca juga: Syarat dari Indra Sjafri untuk Ezra Walian Masuk ke Timnas U-23

Ezra Walian tercatat baru membela tim Merah Putih saat SEA Games 2017 Malaysia ketika pelatih timnas U-23 Indonesia dipegang Luis Milla.

Pemain berdarah Manado, Sulawesi Utara, itu dinilai harus bersaing dengan dua penyerang timnas U-23 Indonesia saat ini yaitu Marinus Wanewar dan Dimas Drajad.

"Ezra Walian kan bukan naturalisasi lagi, sekarang kan sudah Warga Negara Indonesia," kata Indra Sjafri dilansir dari BolaSport.com, Sabtu (9/3/2019).

"Yang saya tidak mau itu saya butuh penyerang, lalu saya minta ke PSSI untuk naturalisasi pemain ini dong. Nah itu saya yang tidak mau. kalau sekarang Ezra Walian sudah menjadi WNI," ucap Indra Sjafri menambahkan.

Indra Sjafri menginginkan setiap pemain termasuk Ezra Walian bisa memberikan kejelasan untuk bisa bergabung bersama timnas U-23 Indonesia.

Baca juga: Jika Tak Ada Surat Balasan dari RKC Waalwijk pada Pekan Ini, Ezra Walian Bakal Dicoret

Seperti Egy Maulana Vikri meskipun bermain di Polandia bersama Lechia Gdanks, pemain berusia 18 tahun itu sudah menginfokan akan datang pada Rabu (13/3/2019).

Hal yang sama juga didapatkan Indra Sjafri tentang kehadiran Saddil Ramdani.

Pemain yang saat ini memperkuat klub papan atas Malaysia, Pahang FA, itu akan bergabung bersama skuat Garuda Muda pada Minggu (10/3/2019).

"Ezra Walian sudah menjadi WNI dan punya hak untuk membela negaranya, masalah terpilih dan tidak itu ya tergantung kualitas. Bukan karena naturalisasi atau tidak, kalau dia bagus saya pakai kalau tidak ya saya coret," kata Indra Sjafri. (Mochamad Hary Prasetya)

 




Close Ads X