Generasi Milenial Nonton Olahraga di Akhir Pekan

Kompas.com - 05/03/2019, 17:38 WIB
Antrean penonton mengular di depan kios pembelian tiket on the spot pertandingan Asian Games 2018 di arena Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Selasa (21/8/2018). Selain karena tingginya antusiasme masyarakat, antrean panjang terjadi akibat pembeli yang kehabisan tiket online dan mendatangi langsung loket penjualan tiket.AFP PHOTO/BAY ISMOYO Antrean penonton mengular di depan kios pembelian tiket on the spot pertandingan Asian Games 2018 di arena Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Selasa (21/8/2018). Selain karena tingginya antusiasme masyarakat, antrean panjang terjadi akibat pembeli yang kehabisan tiket online dan mendatangi langsung loket penjualan tiket.


JAKARTA. KOMPAS.com - Satu dari tiga kegemaran generasi milenial di akhir pekan adalah menonton pertandingan olahraga.

Kegemaran yang lainnya adalah menonton konser atau menonton pentas seni.

"Kegemaran ini lama-lama menjadi kebutuhan," kata Vice President Sales dan Partnership KiosTix Andhika Soetalaksana pada Minggu, pekan lalu.

Dalam pengamatan Andhika, tren kegemaran ini akan terus tumbuh.

"Tapi, harus disikapi dengan kemajuan dan kemudahan teknologi melalui inovasi teknologi digital," kata Andhika yang kala itu menjadi salah satu pembicara pada Ruang Diskusi di Universitas Bina Nusantara, Jakarta.

Tiket online

KiosTix kata Andhika melihat banyak perkembangan pada dunia kekinian, khususnya di bidang olahraga.

"Banyak hal menarik yang bisa dilakukan sejak KiosTix berdiri pada 2012," kata Andhika.

Andhika mengisahkan keberhasilan dalam penanganan penjualan tiket secara dalam jaringan (online/daring) pada penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

"Jumlah penonton saat itu mencapai 1,3 juta orang," kata Andhika.

(Baca: Pemegang E-tiket Asian Games Tak Perlu Lagi Tukar Tiket Saat Masuk GBK)

Yang menarik, kebanyakan penonton yang merupakan generasi milenial justru membeli tiket secara online.

"Mereka juga makin membiasakan diri dengan pembayaran virtual," kata Andhika yang mengaku melihat bahwa generasi milenial adalah peluang besar bagi bertumbuhnya industri olahraga maupun hiburan.

Maka kemudian, menurut hemat Andhika, di masa-masa yang akan datang, dengan kian maraknya industri olahraga, kenyamanan mulai dari pembelian tiket hingga menonton langsung sudah menjadi kebutuhan yang lazim.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X