Alasan Jose Mourinho Tak Pertahankan Mohamed Salah di Chelsea

Kompas.com - 04/03/2019, 10:40 WIB
Mohamed Salah dikawal Bernard dan Lucas Digne pada pertandingan Derbi Merseyside, Everton vs Liverpool, di Stadion Goodison Park dalam lanjutan Liga Inggris, 3 Maret 2019. AFP/OLI SCARFF Mohamed Salah dikawal Bernard dan Lucas Digne pada pertandingan Derbi Merseyside, Everton vs Liverpool, di Stadion Goodison Park dalam lanjutan Liga Inggris, 3 Maret 2019.

LONDON, KOMPAS.com - Mantan pelatih Manchester United, Jose Mourinho, membeberkan alasan Mohamed Salah yang tidak dipertahankan di Chelsea saat pria Portugal itu masih menjabat sebagai manajer The Blues.

Mohamed Salah sempat bermain di bawah asuhan pelatih Jose Mourinho saat dia hijrah ke Chelsea dari klub Swiss, FC Basel pada 2014.

Namun begitu, karier Mohamed Salah di Stamford Bridge tak bertahan lama. 

Hanya mengemas 19 penampilan untuk Chelsea, Salah akhirnya dipinjamkan ke Fiorentina.

Baca Juga : Hasil Liga Inggris - Hampa Gol dalam Derbi Merseyside Edisi ke-200

Tampil bagus di Fiorentina, Salah dipinang klub ibukota Italia, AS Roma. Penampilan apik Salah pun membuat Giallorossi yakin mempermanenkannya.

Bersama AS Roma, Salah berhasil membangun reputasi sebagai salah satu pemain terbaik di dunia.

Pemain berkebangsaan Mesir itu pun akhirnya kembali ke Premier League pada 2017. Bukan untuk bergabung dengan Chelsea, melainkan Liverpool.

Menurut Jose Mourinho, Salah dulu adalah pemain yang suka menyendiri dan naif sehingga penyerang Mesir itu tidak masuk dalam rencananya di Chelsea saat itu.

"Saat Salah tiba di Chelsea dari Basel, dia adalah pemuda yang suka menyendiri dan naif, serta memiliki keadaan fisik yang lemah," tutur Mourinho kepada beIN Sports.

Namun, setelah hijrah ke Italia, Salah sudah berubah dan telah mendapatkan pengalaman berharga saat bermain di Fiorentina dan AS Roma.

Baca juga: Sejak Januari, Performa Liverpool Seperti Tim Peringkat 7 Liga Inggris

"Kemudian dia pergi ke Italia, mendapatkan pengalaman bersama Fiorentina dan Roma, sehingga saat ia kembali ke Inggris, ia telah beradaptasi dengan level tinggi sepak bola Eropa. Salah menjadi lebih mengerti soal permainan, dia pun lebih kuat secara fisik dan lebih percaya diri," ujar Mourinho menambahkan.

Saat ini, Salah tengah bermain untuk Liverpool. Bersama Liverpool, ia telah mencetak 17 gol dan tujuh assists dari 29 laga Liga Inggris musim ini.

Namun, dalam beberapa penampilannya terakhir, Salah belum bisa mencetak gol untuk membawa Liverpool meraih kemenangan.

Terakhir, Mo Salah gagal membawa Liverpool meraih kemenagan setelah ditahan imbang Everton di Stadion Goodison Park pada lanjutan laga Liga Inggris, Minggu (3/3/2019) atau Senin dini hari WIB. 




Close Ads X