Kompas.com - 01/03/2019, 17:50 WIB
Kelas Yamaha Aerox 155 Cup Community yang diperlombakan di Yamaha Cup Race. Kelas ini merupakan kategori yang khusus diperuntukan bagi komunitas pengguna Yamaha. Yamaha Racing IndonesiaKelas Yamaha Aerox 155 Cup Community yang diperlombakan di Yamaha Cup Race. Kelas ini merupakan kategori yang khusus diperuntukan bagi komunitas pengguna Yamaha.
Penulis Alsadad Rudi
|
JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang Yamaha Cup Race akan kembali digelar pada 2019. Namun, ajang balap satu merek tersebut tak akan dihelat lagi di sirkuit non permanen atau biasa dijuluki sirkuit pasar senggol.
 
Yamaha Cup Race 2019 dijadwalkan dihelat dalam delapan seri. Seluruhnya akan digelar di sirkuit permanen.
 
General Manager After Sales and Motor Sports PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) M. Abidin mengatakan, penghapusan sirkuit pasar senggol dari kalender Yamaha Cup Race bertujuan untuk menjaga performa pebalap muda yang akan turun di ajang internasional. 
 
 
Abidin mencontohkan dua pebalap belia Yamaha, Wahyu Nugroho dan Aldi Satya Mahendra yang akan turun di kelas underbone 150cc Asia Road Racing Championship (ARRC). Di ajang balap paling bergengsi di Asia itu, sirkuit yang dipakai adalah sirkuit permanen dengan ukuran lintasan lebar.
 
Peluncuran logo Yamaha Cup Race 2019 memperingati 30 tahun ajang balap satu merek tersebut di Jakarta, Jumat (1/3/2019)Kompas.com/Alsadad Rudi Peluncuran logo Yamaha Cup Race 2019 memperingati 30 tahun ajang balap satu merek tersebut di Jakarta, Jumat (1/3/2019)
 
"Sudah saatnya kita mengubah mindset," kata Abidin saat peluncuran tim balap Yamaha Indonesia untuk kompetisi 2019 di Jakarta, Jumat (1/3/2019).

"Skill mereka sudah terasah di sirkuit yang lebar. Kan kasihan kalau mainnya di Motoprix yang bukan di sirkuit permanen. Nanti gasnya diturun-turunin lagi," ujar Abidin.
 
Pada tahun 2019, Yamaha Cup Race akan memasuki usia 30 tahun. Ajang tahun ini akan dimulai di Boyolali pada 27 dan 28 April. Ada beberapa seri yang belum dipastikan lokasinya karena masih pengurusan izin.
 
 
"Adanya Pemilu membuat beberapa aktivitas tidak di-approve. Jadi, kami tidak berani menyebutkan. Tapi pasti akan kami umumkan," kata Abidin.
 
Berikut Jadwal Yamaha Cup Race 2019:
 
- Boyolali: 27 dan 28 April
- Medan: 29 dan 30 Juni
- Bangka: 13 dan 14 Juli
- Sulawesi: 10 dan 11 Agustus*
- Singkawang: 30 Agustus dan 1 September
- Sulawesi: 28 dan 29 September*
- Kalimantan: 19 dan 20 Oktober*
- Tasikmalaya (final): 16 dan 17 November
 
* = lokasi belum ditentukan
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.