Pesepak Bola Brasil Dominasi Liga Super China

Kompas.com - 01/03/2019, 15:53 WIB
Pesepak bola dari Shanghai SIPG, Hulk, menjadi duta produk sepatu sepak bola Concave. website www.concave.comPesepak bola dari Shanghai SIPG, Hulk, menjadi duta produk sepatu sepak bola Concave.

BEIJING, KOMPAS.com - Sedikitnya 20 pesepak bola asal Brasil mendominasi Liga Super China (LSP) musim 2019.

Menurut laman xinhuanet.com hari ini, LSP bakal dihuni 11 klub. Pembukaan LSP musim ini digelar Jumat (1/3/2019).

Ikhwal pemain asal Brasil itu, catatan laman tersebut menunjukkan bahwa mereka sudah bermain selama beberapa tahun di China.

"Mereka menikmati hidup dan reputasi yang aik dan pendapatan selama LSP berlangsung," tulis laman itu.

Pemuncak LSP musim lalu, Shanghai SIPG punya tiga pemain Brasil yakni Hulk, Elkeson, dan Oscar. Ketiganya total menceploskan 32 gol dan 34 umpan sepanjang musim 2018.

Shanghai SIPG mengantarkan topskornya, Wu Lei mengembangkan kariernya ke Espanyol, klub La Liga.

Pengumuman kedatangan pemain baru asal China, Wu Lei di situs resmi klub Espanyol.www.rcdespanyol.com Pengumuman kedatangan pemain baru asal China, Wu Lei di situs resmi klub Espanyol.

Non-asing

Sementara itu, pesaing dekat SIPG yakni klub Guangzhou Evergrande justru gagal menambah kekuatan untuk musim ini.

Klub yang ditukangi oleh mantan penggawa Timnas Italia Fabio Cannavaro masih bergantung pada dua pemain Brasil, Paulinho dan Anderson Talisca.

Rekor Talisca adalah 16 gol dari 18 penampilannya di LSP. Sementara, Paulinho menjebol gawang lawan 13 kali dari 19 penampilannya.

Pada musim ini, Guangzhou hanya menyisakan dua pemain asingnya. Pada 2020, klub ini bakal memiliki skuad pemain non-asing.

Guangzhou melepas pemainnya Ricardo Goulart ke Palmeiras. Pesepak bola asal Brasil yang dibeli dari Cruzeiro 18 juta euro pada Januari 2015 ini sudah membuat 135 gol dari 157 penampilannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar di artikel lainnya
Close Ads X